Indeks Pembangunan Manusia Pesisir Selatan di Bawah Rata-rata

Indeks Pembangunan Manusia Pesisir Selatan di Bawah Ratarata Sekretaris Daerah Pessel Erizon

Covesia.com - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berada di posisi 12 dari 19 Kabupaten/kota di Provinsi Sumbar, artinya IPM daerah tersebut masih dibawah rata-rata.

Berdasarkan hasil Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Pessel hanya 68.47 yaitu mempati Posisi 12 di Sumbar, sedangkan di skala nasional Pessel berada di posisi 224 dari 554 kabupaten/kota.

Sementara IPM yang tinggi di Sumbar ialah Kota Padang dengan 81.58, sedangkan rata-rata indeks dari Provinsi Sumbar di angka 71.24. Dengan demikian pencapaian angka IMP Pessel rendah dari target RPJMD 2016-2021 sebelum perubahan yang dipatok 69.3.

Terkait rendahnya Indek Pembangunan Manusia (IPM) di daerah itu, Sekretaris Daerah Pessel Erizon mengakui bahwa IPM Kabupaten Pessel rendah dibandingkan beberapa kabupaten/kota lainnya yang ada di Sumbar.

"Memang benar, IPM kita rendah dari beberapa kabupaten/kota di Sumbar,"ucapnya pada Covesia.com Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, dalam hal itu ada beberapa faktor penyebab IPM kabupaten Pessel rendah, salah satunya keberadaan perguruan tinggi. Karena keberadaan perguruan tinggi itu adalah salah satu indikator penilaian dari tingkat lama sekolah.

"Perguruan tinggi yang ada di daerah kita akreditasinya masih C, sedangkan di daerah lain sudah A dan B," ujarnya

Kontributor: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga