Padang Diguyur Hujan, Upacara Bendera Hari Pertama Sekolah Gagal Terlaksana

Padang Diguyur Hujan Upacara Bendera Hari Pertama Sekolah Gagal Terlaksana Foto: net

Covesia.com - Hujan cukup deras pada Senin (15/7/2019) pagi melanda Kota Padang, Sumbar. Dampaknya, selain banyak siswa berangkat sekolah kehujanan, sejumlah sekolah juga terpaksa tak melaksanakan upacara bendera, salah satunya SMKN 3 Padang.

“Rencana awal kami akan melaksanakan upacara bendera, namun tepat jam 06.45 WIB hujan deras, sehingga tidak jadi dilaksanakan upacara,” ungkap Rahmi Jaerman, guru SMKN 3 Padang kepada Covesia, Senin (15/7) 

Rahmi mengatakan, giat upacara tersebut dialihkan pada acara pengenalan lingkungan sekolah di aula sekolah.

Sesuai peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no 18 tahun 2016 bahwa pengenalan lingkungan sekolah ialah kegiatan pertama masuk sekolah.

Rahmi menjelaskan, tujuannya tak lain untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar dan sebagainya. 

“Yang mengikuti pengenalan ini hanya siswa kelas X, sedangkan siswa kelas XI dan XII mengikuti proses belajar mengajar seperti biasa,” ungkapnya.

Sebanyak 390 siswa baru SMKN 3 Padang mengikuti pengenalan lingkungan sekolah tersebut.

“Semoga siswa baru dapat memulai kegiatan belajar dengan baik dan menyusun target untuk meningkatkan prestasi belajar, meskipun di hari pertama tidak dapat melaksanakan upacara bendera ” harapnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga