Permudah Terbitkan Akta Kelahiran, Pasaman Lounching Program BALADA

Permudah Terbitkan Akta Kelahiran Pasaman Lounching Program BALADA Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat melounching program BALADA di aula RSUD Lubuk Sikaping, Selasa (13/8/2019). (Foto: Heri/ Covesia)

Covesia.com-Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat melaksanakan program Inovasi Daerah Bayi Lahir Dapat Akta (BALADA) atas kerjasama RSUD Lubuk Sikaping dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat melounching program tersebut mengatakan bahwa tujuan dari BALADA itu anak adalah langkah Negara untuk melindungi hak-hak anak sebagai generasi penerus Bangsa.

"Akta kelahiran termasuk hak dasar bagi anak. Jika  memiliki akta kelahiran, anak akan tercatat dalam data administarsi kependudukan. Makanya lewat program ini setiap bayi yang lahir tidak repot lagi mendapatkan Akta kelahiran,"kata Yusuf Lubis saat melounching program BALADA di aula RSUD Lubuk Sikaping, Selasa (13/8/2019).

Yusuf Lubis menambahkan bahwa program Balada ini sangat memudahkan masyarakat yang tidak perlu lagi datang ke kantor Catatan Sipil untuk mengurus akte kelahiran.

"Dengan melengkapi persyaratan kartu keluarga, surat nikah dan nama bayi yang akan lahir, orang tua langsung membawa akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) ketika pulang dari Rumah Sakit,"katanya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi terobosan dan inovasi yang telah dilakukan oleh Direktur RSUD Lubuk Sikaping dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman. 

"Inovasi ini harus terus kita lakukan melanjutkan dan menyempurnakan inovasi-inovasi sebelumnya. Saya mendorong agar semua OPD terus berinovasi, karena inovasi dapat mendorong peningkatan kinerja OPD. Peningkatan kinerja OPD otomatis meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Pasaman. Disamping itu inovasi yang dilakukan dapat memudahkan dan memperpendek waktu masyarakat mendapat pelayanan,"ungkapnya.

Direktur RSUD Lubuk Sikaping, dr. Yong Marzuhaili mengaku akan selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di Pasaman. 

"Kami berdua sudah sepakat untuk selalu mencari terobosan agar masyarakat dapat terlayani dengan prima, baik pelayanan kesehatan di RSUD maupun pelayanan administrasi kependududkan di Disdukcapil,"kata dr. Yong Marzuhaili didampingi Kadisdukcapil, Sukardi.

Pasca launching program, Bupati Pasaman didampingi oleh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman berkenan mengunjungi poliklinik RSUD sekaligus menyerahkan secara langsung Akte Kelahiran dan Karti Identitas Anak Program BALADA perdana kepada Siti Maryam anak dari pasangan Zulfitri dan  Rahma Danis Fitri.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga