Pemkab Pasbar Klaim Persiapan Porprov 2020 Sudah 75 Persen

Pemkab Pasbar Klaim Persiapan Porprov 2020 Sudah 75 Persen Foto: Plt. Bupati Pasbar, Yulianto saat memimpin rakor persiapan Porprov 2020 di Simpang Empat, Selasa (13/8/2019). (Ist)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar mengklaim persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Tahun 2020 sudah mencapai 75 Persen.

Kesiapan sebagai tuan rumah ini dipastikan setelah mendengar laporan dan rapat bersama Sekretaris Daerah, Dinas Pemuda Olahraga, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pendapatan Keuangan Aset Daereh, Asisten Pemerintahan, Bagian Unit Layanan Pengadaan dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pasaman Barat.

"Sebenarnya kalau dari kesiapan sarana prasarana olahraga, sekitar 75 persen sudah kami tuntaskan. Sehingga kami optimis sanggup menjadi tuan rumah. Apalagi sebagai tuan rumah itu sudah dinyatakan almarhum Bupati Syahiran saat penutupan Porprov Sumbar di Padang Pariaman," ujar Plt. Bupati Pasaman Barat, Yulianto disela-sela Rakor dengan SKPD setempat, Selasa (13/8/2019).

Yulianto juga menyatakan bahwa tidak benar adanya informasi selama ini bahwa Pasbar bakal batal menjadi tuan rumah. 

"Tidak benar itu. Ini harga diri dan martabat Pasbar. Apalagi, menjadi tuan rumah Porprov Sumbar itu termasuk amanah dari almarhum Bupati Syahiran,"tegasnya.

Ia mengatakan sarana prasarana yang belum ada dan perlu segera disiapkan adalah tribun stadion Padang Tujuh, kolam renang dan lintasan atletik. Sementara itu untuk tempat pertandingan cabang olahraga lainnya sudah ada dan siap.

"Sebagai tuan rumah tentu banyak yang harus dipersiapkan terkait sarana prasarana pertandingan olahraga,"tambahnya.

Namun, dengan persiapan yang telah ada, ia optimistis Pasaman Barat akan mampu menjadi tuan rumah. Apalagi sebagai tuan rumah merupakan harapan almarhum bupati dan masyarakat Pasaman Barat umumnya.

"Tentu kami berharap dukungan Pemprov Sumbar untuk suksesnya Porprov 2020 nantinya," harapnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pasaman Barat, Afrizal Azhar menegaskan pihaknya siap menjadi tuan rumah dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan.

"Sudah banyak sarana prasaran yang disiapkan dan lokasi pertandingan sudah ada. Tinggal tribun, kolam renang dan lintasan atletik," ujarnya.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang, Henny Feriza yang menegaskan Pasaman Barat harus menjadi tuan rumah Porprov 2020.

Ketua KONI Pasaman Barat, BM Satria Dwi Putra mengatakan tuan rumah Porprov 2020 harus Pasaman Barat karena bendera tuan rumah sudah diterima almarhum bupati sebelumnya. Apalagi momen ini persoalan harga diri dan nama baik Pasaman Barat. 

Kemudian sejumlah sarana prasarana juga sudah terlihat mulai lengkap. "Kami dari KONI juga siap mensukseskan Porprov Sumbar nanti tentu dengan dukungan semua instansi yang ada. Termasuk dukungan masyarakat. Berbagai pelatihan dan pembinaan terhadap atlit juga sudah banyak yang kita lakukan, demi memajukan olahraga," kata Ami.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga