Lapas Kelas II B Pariaman Over Kapasitas Lebih dari 300 Persen

Lapas Kelas II B Pariaman Over Kapasitas Lebih dari 300 Persen Kepala Lapas Klas II B Pariaman, Pudjiono Gunawan

Covesia.com - Saat ini di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pariaman, Sumatera Barat kelebihan (over) kapasitas lebih dari 300 persen jumlah narapidana dan tahanan yang menghuni di sana. 

"Saat ini di lapas mengalami kelebihan kapasitas yaitu telah mencapai 557 narapidana dan tahanan. Seharusnya kapasitas Lapas Pariaman, hanya untuk 170 orang, tapi sekarang sudah melebihi sekitar 387 orang," ucap Kepala Lapas Klas II B Pariaman, Pudjiono Gunawan, Sabtu (17/8/2019).

Lanjut Pudjiono, meski kelebihan kapasitas pihaknya tetap memberikan pelatihan kepada napi mulai dari bidang perikanan, perbengkelan, perkebunan, dan pertukangan.

"Kami juga melaksanakan program pembinaan keagamaan kepada para napidana dan tahanan yang ada. Kegiatan ini dilakukan setiap Kamis, kemudian untuk kesehatan jasmani setiap Sabtu, yaitu dengan melaksanakan senam," ucapnya.

Dikatakan Pudjiono, saat ini yang berada di Lapas Pariaman, ada 538 orang laki - laki, kemudian perempuannya 19 orang. Untuk yang berusia dewasa 554, dan anak - anak 3 orang.

"Mereka - mereka yang berada di lapas tersebut, diantaranya paling banyak terkait kasus narkotika," ujarnya.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Baca juga: HUT ke 74 RI, 4 Orang Napi di Pariaman Dapat Remisi Bebas

Berita Terkait

Baca Juga