Novi Irwan Jabat Ketua Sementara DPRD Agam, Penyusunan Ranper Tata Tertib DPRD Jadi Prioritas Utama

Novi Irwan Jabat Ketua Sementara DPRD Agam Penyusunan Ranper Tata Tertib DPRD Jadi Prioritas Utama Foto: Johan Utoyo/Covesia

Covesia.com - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) masa bakti 2019-2024 diambil sumpah dan janjinya dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD Kabupaten Agam, Selasa(20/8/2019).

Pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Agam masa bakti 2019-2024 tersebut dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Indrawan dan disaksikan Bupati Agam Indra Catri, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria serta anggota Forkompimda Agam.


Baca: 45 Anggota DPRD Agam Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Adapun   45 anggota DPRD yang dilantik itu adalah dari Partai Gerindra atas nama Nesi Armita, Armalicon, Novi Irwan, Edwar, Zulhefi, Rinal Wahyudi, Erdinal, Zulhendrif dan Almahadi Arif.

Dilanjutkan dari PKS atas nama Asnidar, Rizki Abdillah Fadhal, Safrudin, Suharman, Guswardi, Asrizal dan Suhermi. Partai Demokrat atas nama Marga Indra Putra, Jondra Marjaya, Syafril, Doddi, Aderia, Feri Adrianto dan Syaharuddin.

Sementara itu dari PAN atas nama  Antonis, Zulpardi, Hendrizal, Syaflin, Salman Linover dan Irfan Amran. Dari Partai Golkar atas nama Joni Putra, AR Yutinof, Fairismen, Arman J Piliang dan Zulfahmi.

Selain itu dari PPP atas nama Gema Saputra, Yopi Eka Anroni, Ridwan Suhaili, Irfawaldi, Mardisal Athan. Dari Partai Nasdem atas nama Mardanis dan Ais Bakri. Dari PBB atas nama Noveri Edios dan Bulqaini, Dari Partai Bekarya atas nama Syafrizal dan dari Partai Hanura atas nama Epi Suardi.

Usai pengambilan sumpah dan janji jabatan, Sekretaris DPRD Agam Indra mengumumkan pimpinan sementara DPRD Agam yang terdiri atas satu orang ketua dan satu wakil ketua yang berasal dari dua parpol yang memperoleh kursi terbanyak.

“Berdasarkan ketentuan tersebut, Ketua Sementara DPRD Agam dijabat oleh Novi Irwan dari Gerindra, sedangkan Wakil Ketua Sementara DPRD Agam dijabat Suharman dari PKS,” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang secara simbolis dari Ketua DPRD Kabupaten Agam yang lama, Marga Indra Putra kepada Ketua sementara Novi Irwan

Dikatakan  Sekretaris DPRD Agam,  pimpinan sementara DPRD bertugas untuk memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD, dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

Sementara itu ketua DPRD periode 2014-2019 Marga Indra Putra menjelaskan, selama pengabdian para anggota DPRD Agam periode 2014-2019 telah berusaha melaksanakan tugas dan tanggung jawab semaksimal mungkin.


“Selama jabatan  DPRD periode 2014-2019 kita berhasil merumuskan dan mengesahkan 20 peraturan daerah (Perda), pembahasan dan pengawasan anggaran, melakukan rapat internal dewan, rapat dengan mitra OPD dan menampung aspirasi masyarakat,” ungkapnya.

Marga Indra Putra juga mengucapkan  terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, yang telah mendorong terwujudnya suasana kondusif dan demokratis pada Pemilu 2019 hingga prosesi pelantikan hari ini.

Sebagai ketua, ia juga mengucapkan permohonan maaf atas kekurangan anggota DPRD Agam periode 2014-2019, seta mengucapkan selamat bekerja untuk anggota DPRD selanjutnya, "Pada periode 2014-2019 kami sudah berupaya memberikan yang terbaik untuk kabupaten Agam, untuk anggota DPRD periode selanjutnya kita mengucapkan selamat bekerja serta bisa menjadi penyambung lidah masyarakat serta menjalankan amanat yang sudah di amanahkan," ujarnya  saat memberikan sambutan.

Sementara itu Ketua DPRD Agam sementara, Novi Irwan mengatakan, penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD merupakan prioritas utama sebagai ketua sementara "Kita menargetkan penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD selesai dalam waktu dekat, kita targetkan 1 bulan rampung," katanya.

Dengan dilantiknya 45 Anggota DPRD tersebut, Bupati Agam Dr.Indra Catri berharap, para anggota dewan baru bisa bersinergi dengan pemerintah dan seluruh elemen yang ada di daerah, untuk mengimplementasikan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang ada serta   visi Agam madani.

Indra Catri juga mengajak seluruh Anggota DPRD Agam masa jabatan 2019-2024 untuk memperkuat kerjasama dengan Pemda Agam agar tercapainya kesejahteraan rakyat. ” Mari kita bersama-sama bekerja untuk menjadikan Kabupaten Agam yang lebih baik lagi,” ucap Indra Catri.


Baca juga: DPRD Agam Selama Masa Jabatan Periode 2014-2019 Selesaikan 20 Perda

(han)

Berita Terkait

Baca Juga