Pemko Pariaman Targetkan seluruh Desa Memiliki BUMDes

Pemko Pariaman Targetkan seluruh Desa Memiliki BUMDes Walikota Pariaman, Genius Umar (Dok.covesia)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, menargetkan seluruh desa di daerah itu memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada akhir 2019 ini.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, hendaknya seluruh desa di Kota Pariaman, untuk bisa membangkitkan potensi ekonomi melalui BUMDes tersebut.

"Saat ini baru 38 desa yang sudah memiliki usaha melalui BUMDes, dari 55 desa yang ada," ujar Genius, pada Kamis (22/8/2019).

Genius menyebutkan, dengan adanya BUMDes tidak saja membuka lapangan pekerjaan baru untuk warganya. Namun juga meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.

"Hal tersebut telah terbukti di pulau Jawa dan Bali yang mana desanya berhasil memperoleh pendapatan miliaran rupiah pertahun melalui BUMDes ini. Maka tidak menutup kemungkinan hal juga bisa dilakukan di Kota Pariaman," sebut Genius.

Lanjut Genius, dengan adanya BUMDes, penghasilan miliran rupiah tersebut dan perputaran uang akan lebih banyak di desa dari pada di pusat kota.

"Karena banyak potensi desa di Kota Pariaman yang dapat dijadikan usaha, diantaranya objek wisata, usaha makanan, dan produksi lainnya. Jadi tergantung bagaimana pemerintahan dan desa mengelolanya serta melakukan inovasi," kata Genius.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga