Tingkatkan Ekonomi, Kelompok Tani Permata Agam Olah Lahan Tidur Menjadi Kebun Jeruk

Tingkatkan Ekonomi Kelompok Tani Permata Agam Olah Lahan Tidur Menjadi Kebun Jeruk Ilustrasi kebun jeruk ( Foto: beritabojonegoro.com)

Covesia.com - Kelompok Tani Permata, Jorong Batu Baselo, Nagari Matua Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) olah lahan tidur menjadi kebun jeruk.

Anggota kelompok Tani Permata Ola Rahma Fitri mengatakan, Matua Hilia memiliki lahan pertanian yang cukup luas dan subur namun demikian seluruh lahan belum tergarap secara maksimal oleh masyarakat sehingga dibutuhkan tanaman yang berumur panjang namun memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Pemilihan tanaman jeruk adalah karena Matua Hilia memiliki tanah pertanian yang cukup subur dan humus yang tinggi, tidak hanya itu daerah ini memiliki suhu yang cocok serta curah hujan dan cahaya matahari yang cukup," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Minggu (25/8/2019).

Untuk tahap awal ini pihaknya mendapatkan 100 batang bibit jeruk dari Dinas Pertanian (Distan) Agam dan tahap awal akan ditanam pada  lahan seluas 1 hektar. 

"Untuk tahap awal ini kita mencoba mengolah lahan yang jarang terpakai untuk pertanian dengan tanaman jeruk sembari terus belajar dan jika berhasil akan dikembangkan dilahan lainnya," lanjutnya.

Menurutnya tanaman jeruk lebih mudah dikembangkan karena tidak membutuhkan perawatan yang rumit, seperti tanaman lainnya, serta bisa tumbuh dengan mudah dan sesuai dengan kondisi lahan pertanian di daerah itu.

“Sebelumnya, warga sudah mencoba menanam namun tidak dalam jumlah besar, hanya untuk konsumsi pribadi dan hasilnya cukup memuaskan, apa salahnya kalau kita kembangkan untuk bisa menunjang ekonomi keluarga," terangnya. 

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga