LBH Padang Tolak Seluruh Eksepsi Gubernur di Sidang Gugatan 'Perbuatan Melawan Hukum'

LBH Padang Tolak Seluruh Eksepsi Gubernur di Sidang Gugatan Perbuatan Melawan Hukum Foto: Covesia/Laila Marni

Covesia.com - Sidang gugatan "perbuatan melawan hukum" yang melibatkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang sebagai penggugat dan PT. Geominex Sapek, tergugat I serta Gubernur Sumbar tergugat II kembali digelar, Kamis (29/8/2019).

Agenda sidang pembacaan replik oleh penggugat atas jawaban tergugat II. Sidang ini kembali tidak dihadiri oleh tergugat I.

Agenda sidang sebelumnya Gubernur Sumbar selaku tergugat II menjawab dalil-dalil gugatan penggugat dalam eksepsinya yang dibacakan Kamis  (22/8/2019).

Aldi Harby sebagai pengacara LBH mengatakan bahwa ia sudah menjawab satu persatu jawaban Gubernur Sumbar dalam replik yang di serahkan hari ini.

“Kami tetap dengan yang sebelumnya, dan menolak eksepsi tergugat II seluruhnya,” ungkap Aldi.

Lebih lanjut, Aldi menilai bahwa gubernur salah dalam menafsirkan isi gugatan penggugat. “Salah satunya, Gubernur mengatakan bahwa gugatan penggugat tidak memenuhi salah satu unsur perbuatan melawan hukum, yakni kerugian baik materill dan immateriil yang diderita seseorang atau badan hukum,” jelas Aldi.

“Padahal penggugat bermaksud menggugat Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, spesifik pada kewajiban hukum tergugatII di bidang pertambangan yakni melakukan dan mengawasi pelaksanaan reklamasi dan pascatambang pada wilayah izin usaha pertambangan (IUP) .

Aldi juga sangat menyayangkan jawaban gubernur yang seolah-olah mencari celah untuk menghindari kewajiban yang sudah diamanatkan oleh undang-undang. “Harusnya pihak gubernur lebih legowo menerima tuntutan yang dilayangkan oleh masyarakat, apalagi yang dituntut adalah soal pemulihan lingkungan yang seyogyanya menjadi tugas dan kewenangan gubernur,”tutup Aldi.

Sidang ditutup dan di agendakan sidang lanjutan pada 5 September mendatang dengan agenda pembacaan duplik oleh tergugat.

Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Gubernur Sumbar Tidak Menemukan Aktivitas Pertambangan di PT Geominex Sapek

Kontributor Padang: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga