Antisipasi Tanah Longsor, Kecamatan Palembayan Bersama Masyarakat Tanam 1000 Pohon Mahoni

Antisipasi Tanah Longsor Kecamatan Palembayan Bersama Masyarakat Tanam 1000 Pohon Mahoni Antisipasi Tanah Longsor, Kecamatan Palembahan Bersama Masyarakat Tanam 1000 Pohon Mahoni (Foto: humas)

Covesia.com - Pemerintah Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tanam 1000 pohon.

Camat Palembayan Ridwan Nusa mengatakan, pohon yang ditanam berjenis Mahoni yang di tanam di lokasi perbukitan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor.

"Palembayan merupakan kawasan perbukitan, sehingga sangat rawan terjadi tanah longsor yang bisa membahayakan penduduk dan pengendara yang melintas," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Kamis (19/9/2019).

Untuk tahap awal ini pihaknya sudah menanam sebanyak 1.000 batang mahoni di sepanjang jalan Nagari Sei Puar tepatnya di jalan TMMN yang baru dibuka beberapa waktu yang lalu.

Pihaknya juga melibatkan masyarakat dalam kegiatan tersebut, hal itu dalam rangka meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga lingkungan serta sebagai bentuk upaya mitigasi bencana berbasis kearifan lokal. 

"Masyarakat kita ajak berperan serta dalam menjaga kondisi alam, alhamdulillah antusias mereka cukup tinggi dan banyak yang meminta bibit untuk ditanam di lahan masing-masing," jelasnya.

Meski demikian pihaknya mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pemerintah nagari dan kecamatan jika ada tanaman yang berusia tua atau berpotensi tumbang dan membahayakan untuk segera di evakusi.

"Jika usia sudah tua pohon tersebut juga  berpotensi sebagai bencana jadi segera laporkan untuk ditebang dan nantinya kita akan memberikan bibit untuk ditanami kembali," tutupnya.

(han/don)


Berita Terkait

Baca Juga