Pemkot Pariaman Latih Pelaku Wisata untuk Peningkatan SDM dan Pemahaman Konsep Sadar Wisata

Pemkot Pariaman Latih Pelaku Wisata untuk Peningkatan SDM dan Pemahaman Konsep Sadar Wisata Pelaku wisata Kota Pariaman saat melakukan pelatihan untuk peningkatan SDM dan pemahaman konsep sadar wisata, Kamis (19/9/2019)(Foto: humas)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, kirim pelaku wisatanya untuk berlatih. Hal itu guna untuk memberikan pemahaman konsep sadar wisata dan sapta pesona dalam pengembangan kepariwisataan.

"Ada 60 orang pelaku wisata yang kami kirim, yaitu ke Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian, pada Kamis (19/9/2019).

Lanjut Alfian, di sana diharapkan pelaku wisata, bisa berlatih untuk meningkatkan sumber daya manusianya (SDM), dalam penyedia jasa layanan wisata di Kota Pariaman nanti.

Kemudian kata Alfian, hal itu juga untuk meningkatkan kapasitas masyarakatnya, khusus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pengelola objek wisata di destinasi wisata Kota Pariaman.

"Selain itu juga bertujuan untuk peningkatan konsep kemaritiman, sebagaimana yang telah dicanangkan di Kota Pariaman," ucap Alfian.

Dikatakan Alfian, pelatihan ini hendaknya mampu mendorong peran serta masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan, dan mengambil manfaat dari kegiatan kepariwisataan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan begitu, mereka ini mampu melakukan pengelola wisata, serta mengembangkan daya tarik wisata untuk dikemas menjadi paket wisata," ungkapnya.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi



Berita Terkait

Baca Juga