Antisipasi Bahaya Kabut Asap, Bupati Pasaman Barat Bagikan Masker ke Warga

Antisipasi Bahaya Kabut Asap Bupati Pasaman Barat Bagikan Masker ke Warga Antisipasi Bahaya Kabut Asap, Bupati Pasaman Barat Bagikan Masker Gratis ke warga, Kamis (19/9/2019)(Foto: Humas)

Covesia.com - Bupati Pasaman Barat, Yulianto bersama Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup serta Palang Merah Indonesia (PMI) Pasbar turun ke sejumlah sekolah maupun jalan untuk memberikan masker gratis kepada Siswa Sekolah Dasar dan masyarakat guna mengantisipasi bahaya kabut asap yang sudah menyelimuti daerah itu, Kamis (19/9/2019).

Dalam kesempatan itu Bupati Pasbar, Yulianto menghimbau kepada siswa-siswi dan masyarakat Pasbar apabila beraktifitas diluar rumah harus menggunakan masker supaya terhindar dari penyakit yang mengganggu kesehatan yang diakibatkan pengaruh asap beberapa waktu ini. 

"Atas dasar kondisi kabut asap yang mulai membahayakan kesehatan ini kami dari Pemerintah Daerah turun membagikan mesker gratis kepada para siswa dan masyarakat. Dengan membagikan masker gratis ini kita berharap seluruh masyarakat  memiliki kesadaran untuk mencegah berbagai macam penyakit yang disebabkan dari musibah kebakaran hutan di Provinsi Riau dan sekitarnya yang saat ini sangat mengkuatirkan terutama di wilayah Pasbar," kata Yulianto.

Dalam beberapa hari terakhir ini kata dia dampak kabut asap kebakaran hutan tersebut sangat terasa oleh warga di Pasbar. Selain mengganggu aktifitas keseharian masyarakat, juga sudah mulai banyak nya masyarakat Pasbar terserang batuk serta infeksi saluran pernafasan/ISPA.

Ia juga meminta kepada siswa dan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan menjaga  kewaspadaan saat berkendara didalam suasana kabut asap. Karena efek kabut asap tersebut sudah mempergaruhi jarak pandang kita saat mengendarai.

"Mari kita tingkatkan kewaspadaan kita dari kabut asap yang melanda daerah kita saat ini," tambahnya.

Keceriaan disetiap wajah para siswa serta masyarakat yang kebetulan melintas di seputaran bundaran Simpang Empat yang mendapatkan bantuan masker langsung dari Bupati Pasbar beserta beberapa kepala OPD yang mendampinginya.

Salah seorang warga yang melintas, Sukri memberikan apresiasi serta kebanggaan dengan adanya kepedulian pimpinan Pasbar kepada warga nya dalam menghadapi musibah kabut asap tersebut.

"Terimakasih kami ucapkan kepada jajaran Pemkab Pasbar beserta jajaran yang turun langsung dalam memperhatikan kami masyarakat yang terkena dampak kabut asap ini. Semoga bencana kabut asap yang melanda wilayah kita cepat berakhir dan membuat aktifitas warga menjadi lancar kembali seperti semula," harapnya.

(eri/don)


Berita Terkait

Baca Juga