Pemkab Dharmasraya Bakal Wujudkan Nagari Layak Anak

Pemkab Dharmasraya Bakal Wujudkan Nagari Layak Anak Foto: Dokumen Pemkab Dharmasraya

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus menunjukkan komitmen dalam mewujudkan Kabupaten Dharmasraya sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Setelah berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Pemerintah Pusat pada Juli lalu, saat ini Pemerintah Kabupaten Dharmasraya bertekad untuk mewujudkan setiap kecamatan dan nagari yang ada di belahan wilayah Dharmasraya menjadi kecamatan/nagari layak anak.

Tekad itu dimulai dengan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Kecamatan/Nagari Layak Anak oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, melalui Dinas Sosial P3APPKB, di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (15/10). Kegiatan yang dihadiri segenap camat dan wali nagari itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial P3APPKB, Bobby Perdana Riza.

Bobby dalam sambutannya memaparkan, Kabupaten Layak Anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana dan menyeluruh secara berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan anak.

Serta upaya untuk menumbuhkan suasana dan lingkungan tempat tinggal yang memastikan bahwa anak menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap proses pembangunan. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. 

"KLA akan terwujud jika semua elemen masyarakat memiliki komitmen yang sama," ujar Bobby. Maka dari itu, tukuk Bobby, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berkomitmen untuk mewujudkan setiap kecamatan dan nagari di Ranah Cati Nan Tigo menjadi layak anak. 

"Mengingat pentingnya upaya untuk mewujudkan kecamatan/nagari layak anak, maka saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat membangun persepsi dan pemerintah kecamatan serta nagari dalam menggalang komitmen untuk mewujudkan kecamatan/nagari layak anak dalam mendukung Kabupaten Dharmasraya yang Layak Anak," tandas Bobby.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga