Sudah Melebihi Kuota, Pendaftaran Layanan Asuransi Usaha Ternak di Agam Ditutup

Sudah Melebihi Kuota Pendaftaran Layanan Asuransi Usaha Ternak  di Agam Ditutup Ilustrasi ternak sapi di agam (foto: johanes)

Covesia.com - Layanan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) cukup diminati peternak di kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Tahun 2019 ini Tercatat sebanyak 439 sapi maupun kerbau yang diasuransikan oleh pemiliknya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Agam, Isman Imran Mengatakan, program asuransi tersebut cukup diminati masyarakat, hal itu terlihat dari meningkatnya peserta melebihi jumlah kuota yang diberikan kementerian untuk Kabupaten Agam.

"Masih banyak peternak yang berminat mengikuti program ini. Kuota yang diberikan untuk Kabupaten Agam 300 ekor yang mendaftar sudah 439 ekor terpaksa pendaftaran kita tutup dan dibuka awal tahun 2020 mendatang," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Jumat (8/11/2019).

Dijelaskan Isman Imran, AUTS/K merupakan program pemerintah untuk memberikan perlindung serta jaminan dalam bentuk ganti rugi kepada peternak, jika terjadi kematian ternak karena penyakit, kecelakaan, maupun terjadinya kehilangan akibat kecurian.

"Dengan membayar Rp 40 ribu, jika terjadi kematian ternak akibat penyakit, kecelakaan atau kehilangan, peserta asuransi akan mendapatkan biaya pertanggungan sebesar Rp10 juta perekor," jelasnya.

Syarat untuk mengikuti program AUTS/K adalah ternak sapi atau Kerbau betina produktif yang sudah berumur diatas 1 tahun. Peternak cukup mendaftar ke Distan Agam maupun UPT Puskeswan yang tersebar di kecamatan kemudian membayar premi sebesar Rp40 ribu per ekor setiap tahun. 

"Normalnya besaran premi yang harus dibayar Rp 200ribu Namun, mendapat subsidi dari pemerintah sebanyak 80% jadi cukup bayar Rp 40 Ribu," jelasnya.

Menurutnya program tersebut sangat membantu para peternak, saat mendapatkan musibah peternak tidak akan terlalu rugi, dengan dana pertanggungan mereka dapat meneruskan kembali usahanya.

(han)

Berita Terkait

Baca Juga