Kebakaran Lahan di Matur-Agam, 1,5 Hektare Perkebunan Warga Hangus Terbakar

Kebakaran Lahan di MaturAgam 15 Hektare Perkebunan Warga Hangus Terbakar Ilustrasi pemadaman kebakaran lahan (foto: bpbd)

Covesia.com - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini menghanguskan perkebunan warga didusun Kubangan, Jorong Sidang Tangah Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Jumat,(8/11/2019) malam.

Kabid  PK Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Yunaidi mengatakan Kobaran api melalap lahan milik Salamah (70) dengan luas hampir mencapai 1,5 Hektare yang terletak cukup jauh dari pemukiman dan sulit dijangkau. "Ada laporan dari masyarakat melihat api berkobar di dalam perkebunan, kita langsung berkoordinasi dengan Satpol PP Damkar Agam, dan langsung meluncur ke lokasi," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

2 Unit armada damkar diluncurkam kelokasi namun kesulitan menuju lokasi,  hal itu disebabkan tidak adanya akses transportasi dan sumber air di sekitar lokasi. "Damkar- Satpol PP dan BPBD Agam yang terjun ke lokasi kejadian, cukup kesulitan dan terpaksa memadamkam api dengan cara manual. Dibantu anggota KSB, dan TRC BPBD Agam api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke lokasi lain," jelasnya.

Sementara itu penyebab kebakaran diduga berasal dari pembakaran sampah pembukaan lahan dari kelompok tani sekitar, hal itu berdasarkan dengan keterangan Walijorong Sidang Tangah Agus.

"Keterangan dari Walijorong Sidang Tangah, lahan ini sengaja dibuka bersama kelompok tani dan pembabatan dilakukan semenjak dua hari yang lalu," ulasnya.

Usai dibabat lalu dibakar namun menjelang sore anggota kelompok tani langsung pulang kerumah, dan tidak memeriksa titik api, cuaca panas yang terjadi beberapa hari terakhir diduga membuat kayu mudah terbakar dan membuat api cepat meluas.

(han/nod)



Berita Terkait

Baca Juga