Permintaan Meningkat, DPKP Agam Kembangkan Budidaya Ikan Gabus

Permintaan Meningkat DPKP Agam Kembangkan Budidaya Ikan Gabus Kolam pembibitan ikan Gabus, DPKP Agam (Foto: Johan)

Covesia.com - Tingkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan budidaya Ikan Gabus di daerah itu.

Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto mengatakan pengembangan ikan jenis karnivora ini dilakukan dengan kelompok budidaya ikan dan bekerja sama dengan balai pelatihan penyuluhan perikanan Medan di kecamatan palembayan.

"Kita baru mengembangkan di satu kelompok budidaya, di kecamatan palembayan, sekitar 6 bulan terakhir, tahap ini baru mengembangkan proses pemijahan bibit serta pembesaran ikan, Alhamdulillah berjalan lancar," ujarnya saat di konfirmasi covesia.com Jumat (15/11/2019).

Menurut Ermanto, secara geografis, kabupaten Agam merupakan wilayah yang cocok untuk pengembangan ikan gabus. hewan jenis ini  memiliki banyak keunggulan serta berpotensi besar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di kabupaten Agam.

"Permintaan ikan gabus cukup tinggi di pasaran, sementara itu untuk provinsi Sumatera Barat minat masyarakat untuk membudidayakan masih kurang," lanjutnya.

Menurut ilmu medis, kandungan gizi yang terkandung pada ikan gabus memiliki banyak khasiat diantaranya bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit akibat virus atau cuaca, selain itu bisa mempercepat penyembuhan luka setelah operasi, menjaga keseimbangan cairan serta berkhasiat menyembuhan berbagai penyakit. 

"Dokter selalu menyarankan banyak mengkonsumsi ikan gabus setelah menjalani operasi hal itu untuk mempercepat penyembuhan luka," terangnya.

Untuk tahap awal ini DPKP Agam akan mengembangkan Ikan gabus di dua kecamatan yaitunya Palembayan dan Tanjung Mutiara, jika dirasa memungkinkan akan di kembangka di seluruh kecamatan di Kabupaten Agam.

(han/nod)


Berita Terkait

Baca Juga