Bersihkan Tumpahan Minyak Sawit di Badan Jalan, Satu Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Bersihkan Tumpahan Minyak Sawit di Badan Jalan Satu Unit Mobil Damkar Dikerahkan Bersihkan Tumpahan Minyak Sawit di Badan Jalan, Satu Unit Mobil Damkar Diturunkan, di Jalan lintas Pessel-Bengkulu, Sabtu (16/11/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Bersihkan tumpahan minyak sawit yang membasahi badan Jalan Lintas Painan-Batangkapas, tepatnya berada di Bukit Pulai, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) setempat diturunkan. 

Akibat kecelekaan tunggal truk CPO BA 8414 AU yang terbalik pada Sabtu pagi (16/11/2019) pukul 02.45 WIB di Jalan Lintas Painan-Batangkapas, Bukit Pulai.

Sepanjang 20 meter badan jalan dari arah Batangkapas menuju Kota Painan, dibasahi tumpahan minyak sawit.

"Tumpahan minyak sawit basahi bahu jalan sebelah kiri dari arah Batangkapas menuju Kota Painan, dan sekarang sudah dibersihkan," sebut Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval melalui Kasat Lantas Iptu Yuliadi pada Covesia.com.

Baca juga: Truk CPO Terbalik di Pessel, Tumpahan Minyak Basahi Badan Jalan

Menurut Kasat, tumpahan minyak yang membasahi badan jalan itu sangat berbahaya dan dapat memicu kecelakaan bagi pengendara lain. Karena kondisi jalan menjadi licin akibat ditumpahi minyak sawit.

Maka dengan demikian, pihaknya memberitahu dan meminta kepada Satpol-PP dan Damkar setempat, mengirimkan satu unit mobil damkar, untuk melakukan penyiraman tumpahan minyak sawit.

"Dalam membersihkan jalan Satpol PP dan Damkar Pessel, mengirimkan satu unit mobil kebakaran dan beberapa personilnya serta dibantu dengan personil kita," ujarnya.

Dikatakan Kasat, proses evakuasi truk CPO dan memberikan badan jalan akibat tumpahan minyak sawit, pihaknya bersama Satpol PP dan Damkar sudah berada dilokasi.

"Sekarang jalan sudah bersih dan disiram oleh mobil damkar dan alur lalu lintas sudah normal kembali," kata Kasat.

Kendati demikian katanya, meski sudah dibersihkan dirinya mengimbau dan mengingatkan pengendara yang melintasi jalan tersebut untuk berhati-hati dan mengurangi kecepatannya. 

Karena, kondisi jalan belum kering sepenuhnya, Ditambah lagi jalan tempat kecelakaan berbelok-belok dan menurun.

"Ya, kepada pengendara kita ingatkan harus berhati-hati dan mengurangi kecepatannya, saat melintasi tempat kejadian truk CPO yang terbalik. Terutama untuk pengedara motor begitu juga mobil roda empat dan juga truk," pungkasnya.

Kontributor: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga