Belasan KJA dan 20 Ton Eceng Gondok di Danau Maninjau Agam Dibersihkan Hari Ini

Belasan KJA dan 20 Ton Eceng Gondok di Danau Maninjau Agam Dibersihkan Hari Ini Belasan KJA dan 20 Ton Eceng Gondok di Danau Maninjau Agam Dibersihkan Hari Ini, Minggu (17/11/2019)(Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Agam, bekerja sama dengan Kodim 0304 Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) beserta masyarakat lakukan gotong royong membersihkan Danau Maninjau di Jorong Pasa Rabaa, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (17/11/2019).

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam Ermanto mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin pemerintah daerah dalam rangka pembersihan Danau Maninjau, baik berupa pengangkatan Karamba Jaring Apung (KJA) dan eceng gondok ke permukaan. 

"Ada beberapa KJA milik masyarakat yang bersedia di angkat sekaligus kita melakukan pembersihan eceng gondok di sekitar lokasi," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Tidak hanya itu pihaknya juga mendapat  bantuan dari peserta kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) dan Bulan Bakti Kesetiakawanaan Sosial (BBKS) sumbar yang digelar di kabupaten Agam. 

Dikatakan Ermanto, untuk pengerjaan, anggota dibagi menjadi 2 tim, satu regu bertugas mengangkat KJA dan membongkarnya di tepi danau dan 1 tim lagi membersihkan eceng gondok. "Hari ini kita sudah mengangkat 12 unit KJA yang dibuat dari rangka besi sekaligus membersihkan sekitar 20 ton Eceng Gondok dan sudah  mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir di Kecamatan Lubuk Basung," lanjutnya.

Hingga saat ini pihaknya sudah mengangkat 3.900 unit KJA di danau maninjau dan ditargetkan akhir tahun 2019 pihaknya bisa mengeluarkan 2.500 KJA lagi.

Sementara itu Dandim 0304 Agam, Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro, S.IP didampingi Pasi Ter, Kapten Inf khairul M mengatakan, untuk TNI sendiri Pihaknya mengikut sertakan 40 personil untuk mengikuti goro pembersihan danau maninjau ini. 8 personil ditugaskan untuk mengangkat KJA selebihnya membersihkan eceng gondok

"Ini bentuk kepedulian TNI terhadap lingkunga serta serta siap bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah daerah dalam mendukung program Save Maninjau," jelasnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga