Padang Panjang Berikan Pemahaman Kepada Pelajar Tingkatkan Kesadaran Tentang HIV AIDS

Padang Panjang Berikan Pemahaman Kepada Pelajar Tingkatkan Kesadaran Tentang HIV AIDS Padang Panjang Berikan Pemahaman Kepada Pelajar Tingkatkan Kesadaran Tentang HIV AIDS (Foto: Kominfo Padang Panjang)

Covesia.com - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Kesehatan bersama Tim Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat memberikan pemahaman kepada pelajar dalam meningkatkan kesadaran tentang HIV AIDS. 

"Pemahaman ini diberikan kepada pelajar dengna tujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran terhadap terjadinya peningkatan kasus AIDS yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV serta penyimpangan perilaku berisiko LGBT," ungkap Ketua GOW sekaligus Wakil Ketua TP PKK Kota Padang Panjang, Nova Era Yanthy Asrul, Selasa (19/11/2019).

Dengan mengusung tema bersama masyarakat meraih sukses, saya berani saya sehat, seminar pemahaman HIV AIDS yang digelar dalam satu hari tersebut memberikan pentingnya penanganan jenis penyakit itu. 

"Apalagi saat sekarang maraknya kasus HIV/AIDS dikalangan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat luas. Ini perlu pemahaman yang mendalam kepada pelajar khususnya," jelasnya. 

Ia menyampaikan penyakit ini merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan jika telah bersarang didalam tubuh, namum penyakit ini bisa di cegah.

"Saya berharap melalui kegiatan seminar ini, para siswa mampu dan mengerti akan dampak yang diberikan dari penyakit tersebut," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kabid Kesmas, P2P dr. Faizah menambahkan besar harapan agar kegaiatan ini dapat memahami apa itu HIV AIDS serta mampu mensosialisasikan kepada keluarga dan teman sebayanya.

"Dan diharapkan pemahaman ini dapat disebarluaskan kepada pihak lain untuk dapat dilakukan pencegahan," sebutnya. 

Ia menyebutkan adapun faktor yang mampu menimbulkan terserangnya virus HIV disebabkan karena berhubungan badan diluar nikah atau pergaulan bebas, pemakaian jarum suntik dan lain sebagainya.

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga