Diterjang Banjir, Jembatan Sungai Pangkua-Solok Selatan Ambruk

Diterjang Banjir Jembatan Sungai PangkuaSolok Selatan Ambruk Tampak kondisi jembaran Sungai Pangkua, Solok Selatan yang ambruk diterjang banjir, Senin (25/11/2019)(Foto: humas Solsel)

Covesia.com - Berikut kondisi jembatan Sungai Pangkua, Kec. Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kab. Solok Selatan, ambruk setelah diterjang banjir pada Minggu malam (24/11).

Akibat rusaknya jembatan tersebut, membuat akses transportasi di 4 Jorong di 3 kenagarian terhambat, yakni Jorong Sungai Pangkua, Sungai Binuang (Pakan Rabaa), Kandang Baniah (Pakan Rabaa Tengah), serta Jorong Batang Lolo Panduang (Nagari persiapan Batang Lolo Pakan Rabaa Tengah).

Menurut Camat KPGD, Syahrul M, dikutip dari laman FB humas pemda Solsel mengatakan, di 4 Jorong tersebut bermukim 808 KK dengan jumlah penduduk 3265 jiwa. Ditambah dengan adanya 4 sekolah (SMA, Tsanawiyah, dan 2 buah SD) serta Kantor Urusan Agama (KUA).

Untuk saat ini kata Syahrul, di lokasi jembatan sedang dilaksanakan gotong royong pembuatan titian darurat untuk mempermudah akses pejalan kaki.

Sebelumnya, Kalaksa BPBD Solsel Richi Amran mengatakan, pihaknya saat ini telah membuat buat surat yang ditujukan ke Balai Jalan Wilayah III di Padang untuk pinjam pakai jembatan darurat (bayley) untuk akses ribuan warga dan juga pelajar nantinya.

"Jembatan ini sangat vital, karna menyangkut akses ribuan jiwa dan 1500-an pelajar yang bersekolah di jorong seberang, sehingga butuh bantuan jembatan darurat segera" jelasnya disaat meninjau langsung jembatan putus di Sungai Pangkua, KPGD, Minggu malam.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga