Belum Bayarkan Sisa Tanah, Kaum Suku Guci Tangah Sawah Segel Rumah Dinas Walikota Bukittinggi 

Belum Bayarkan Sisa Tanah Kaum Suku Guci Tangah Sawah Segel Rumah Dinas Walikota Bukittinggi  Spanduk penyegelan yang dipasang oleh kaum suku guci Tangah Sawah sebelum dilepaskan kembali, Rabu (27/11/2019)(Foto: Debi/ Covesia)

Covesia.com - Kaum suku Guci Tangah Sawah menyegel rumah dinas Walikota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) yang masih dalam proses pembangunan, Rabu (27/11/2019).

Azi Zamri, yang diberi kuasa Kaum Suku Guci Tangah Sawah menyampaikan, pemerintah kota Bukittinggi belum membayarkan sisa tanah yang dipakai untuk membangun rumah dinas Walikota Bukittinggi yang berada di Belakang Balok sejak tahun 1974.

"Hingga kini pemerintah kota belum membayarkan sisa ganti rugi tanah kaum suku Guci Tangah Sawah yang dipakai untuk membangun rumah Walikota," katanya. 

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi membenarkan jika pemerintah kota belum membayarkan sisa ganti rugi tanah ke kaum Guci Tangah Sawah. 

"Pemerintah kota Bukittinggi sudah menganggarkan sisa ganti rugi pembayaran kaum Suku Guci namun karena ada masalah internal keluarga kaum suku Guci maka pemko belum tau kepada siapa mau dibayarkan," jelasnya. 

Disamping itu, tambah Irwandi untuk masalah sisa pembayaran harus ada mekanisme pembayaran, dimana pemerintah kota meminta pendapat hukum kepada Kejaksaan dan BPK terkait jumlah pembayaran yang harus dibayarkan. 

"Pembayaran harus ada mekanisme, harus ada kajian terkait pembayaran. Melalui legal opini dengan Kejaksaan dan BPK, pemerintah kota akan mengkaji jumlah yang harus dibayarkan karena dananya sudah disiapkan pemerintah," terangnya. 

Penyegelan yang dilakukan kaum suku Guci Tangah Sawah tersebut akhirnya mengambil kesepakatan untuk membuka kembali segel yang dipasang di depan rumah dinas Walikota dengan perjanjian kaum suku Guci tangah sawah akan melakukan perbincangan dengan Walikota Ramlan Nurmatis pada Kamis (28/11/2019) besok. 

"Ini akan dikomunikasikan lagi dengan kaum suku guci besok dengan Walikota," katanya. 

(deb/don)



Berita Terkait

Baca Juga