Nekat Bawa Ganja 21 Kilogram, Pelajar Asal Kota Pariaman ini Dibekuk Polisi di Pasaman

Nekat Bawa Ganja 21 Kilogram Pelajar Asal Kota Pariaman ini Dibekuk Polisi di Pasaman Tersangka beserta barang bukti 21 Kg narkoba jenis ganja diamankan di Mapolres Pasaman, Sabtu (30/11/2019)(Istimewa)

Covesia.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman melalui Sat Resnarkoba meringkus seorang tersangka kurir Narkoba Golongan I dengan Barang Bukti berupa (BB) 21 Kilogram Ganja kering.

Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya kepada Covesia.com mengatakan, tersangka berinisial HF (17) merupakan pelajar kelas 3 SMA asal Kota Pariaman yang diringkus di jalan lintas Sumatera Medan-Bukittinggi tepatnya di depan SPBU Pertamina Pertanian Rao, Jorong Sumpadang, Nagari Padang Mentinggi, Kecamatan Rao sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu (30/11/2019).

"Sementara seorang tersangka lagi yang berinisial BTP berhasil melarikan diri ke arah belakang SPBU Pertamina Pertanian Rao saat hendak diamankan petugas. Sampai saat ini  masih dilakukan pengejaran. Tersangka sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Pasaman," kata AKBP Hendri Yahya, Minggu (1/12/2019) pagi.

Selain ganja, pihaknya juga turut mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor merk beat, sebuah tas ransel dan lainnya.

"Seluruh barang bukti ganja tersebut disimpan tersangka di dalam ransel dengan masing-masing 10 paket besar dan 11 paket besar. Totalnya 21 Kilogram," katanya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Pasaman, Iptu Syafri Munir mengatakan, kejadian berawal saat Satres Narkoba mendapat informasi bahwa ada seseorang yang akan membawa narkoba jenis ganja kering dari daerah Sumatera Utara ke sumatera Barat.

"Mendapat informasi tersebut, kemudian anggota Satres narkoba melakukan patroli di daerah Kecamatan Rao dan melakukan razia serta pemeriksaan terhadap kenderaan yang akan melewati daerah Kabupaten Pasaman," katanya.

Selanjutnya, sekitar pukul 22.00 WIB petugas melihat seorang pengendara sepeda motor Honda Beat sambil membawa ransel dan bungkusan.

"Melihat gerak-gerik yang mencurigakan,  petugas langsung mengejar dan menyetop paksa. Pengendera sepeda motor tersebut  berusaha kabur, namun dapat ditangkap di Jalan Lintas Sumatera Medan-Bukittinggi tepatnya di depan SPBU Pertamina Pertanian Rao, Jorong Sumpadang, Nagari Padang Mentinggi, Kecamatan Rao sekitar pukul 22.30 WIB, Sabtu (30/11)," jelasnya.

Sedangkan tersangka yang dibonceng berinisial BTP lolos dari penangkapan lalu melarikan diri ke arah belakang SPBU Pertamina Pertanian Rao. Sampai saat ini polisi masih melakukan pengejaran.

"Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap ransel warna hitam milik tersangka, ditemukan 10 paket ganja kering dan bungkusan plastik warna hitam yang berisi 11 paket ganja kering. Sehingga, jumlah keseluruhan yang dibawa tersangka sebanyak  21 paket besar ganja kering yang dibawa oleh kedua orang tersangka dengan menggunakan sepeda motor honda Beat warna hitam," terangnya.

Tersangka mengakui bahwa seluruh barang bukti adalah ganja kering yang dibawa tersangka dari Kabupaten  Madina-Sumut menuju Kabupaten Padang Pariaman.

"Tersangka HF (17) bersama seluruh barang bukti ganja sudah diamankan di Polres Pasaman untuk proses pengembangan dan penegakan hukum lebih lanjut," tutupnya.

(eri/don)

Berita Terkait

Baca Juga