Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Sumbar: Disabel Bukan Dosa, Mereka Harus Dilindungi

Hari Disabilitas Internasional Gubernur Sumbar Disabel Bukan Dosa Mereka Harus Dilindungi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mencobakan kursi roda yang diberikan kepada 4 disabilitas di acara peringatan hari disabilitas internasional di RTH Iman Bonjol, Selasa (3/12/2019)(Foto: Covesia/Laila)

Covesia.com - Hari ini, 3 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai hari disabilitas Internasional. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan bahwa disabilitas bukan sebuah dosa, makanya mereka harus dilindungi.

Ia mengatakan di Sumbar masih terdapat diskriminasi terhadap penyandang disabilitas. "Diskriminasi tersebut dilakukan oleh beberapa oknum, hal itu amat kita sayangkan," ungkapnya kepada wartawan, di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut Irwan mengatakan mereka berhak mendapatkan kepedulian kita juga kesetaraan hak. "Kebutuhan khusus mereka mesti dipenuhi. Itu suatu bentuk inklusi pada mereka tanpa diskriminasi," ujarnya.

Kepada mereka yang kurang rasa kepeduliannya dan melakukan diskriminasi kita perlu beri pemahaman, wawasan dan persepsi. "Disabilitas itu bukan kehendaknya, tapi takdir," tegasnya.

Gubernur Sumbar itu juga menyebutkan bahwa disabilitas berbeda dengan LGBT. "Disabel bukan dosa, jadi peran kita ialah memberi perlindungan, sedang LGBT tindakan, kita bukan melindungi tetapi memberikan pencegahan karena itu disebabkan faktor lingkungan," ungkapnya.

Tugas seluruh masyarakat, pemerintah, keluarga terhadap disabilitas ialah membuat mereka survive dengan kehidupannya setidaknya mandiri dengan dirinya.

Irwan mengapresiasi pemerintahan baik kabupaten ataupun kota yang memberikan ruang untuk disabilitas bekerja di pemerintahan, instansi. Ia menekankan disabilitas hanya boleh bersaing dengan sesamanya.

Akhir wawancara, Irwan mengajak peserta yang menghadiri peringatan hari disabilitas internasional tersebut untuk saling bersinergi membangun negeri dengan potensi yang ada.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga