LKKPN Pekanbaru Jajaki Kemitraan dengan Yayasan Camar Kelola TWP Pulau Pieh

LKKPN Pekanbaru Jajaki Kemitraan dengan Yayasan Camar Kelola TWP Pulau Pieh Fajar Kurniawan

Covesia.com-Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru melakukan penjajakan kemitraan dan diskusi tentang pengelolaan konservasi berkelanjutan daerah Taman Wisata Perairan (TWP) Pulau Pieh dengan Yayasan Cahaya Maritim (Camar) Foundation.

"Kita coba merintis program kemitraan antara LKKPN Pekanbaru dengan Yayasan Camar Foundation. Dimana kemitraan ini memang satu kebutuhan bagi kita dalam mengelola suatu kawasan konservasi berkelanjutan di TWP Pulau Pieh dan sekitarnya,"kata Kapala Loka KKPN Pekanbaru, Fajar Kurniawan saat menggelar diskusi dengan Yayasan Camar Foundation di salah satu Kafe di Kota Padang, Selasa (3/12/2019).

Fajar Kurniawan mengatakan nantinya akan melibatkan banyak pihak lain dibawah pengelolaan Yayasan Camar Foundation, baik Perguruan Tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat.

"Hari ini masih penyusunan draf program kerjasama kemitraan antara LKKPN Pekanbaru dengan Yayasan Camar Foundation. Dari hasil diskusi tadi mengerucut pada dua buah program kegiatan yaitu terkait peningkatan kapasitas dan kesadaran masyarakat. Kedua peningkatan kemampuan sosial dan ekonomi masyarakat,"katanya.

Pihaknya kata Fajar Kurniawan masih menyusun titik lokus dan fokus kegiatan konservasi berkelanjutan di TWP Pulau Pieh agar memberikan hasil yang maksimal.

"Masih kita rinci titik-titik mana saja yang akan kita MoU kan dengan Yayasan Camar Foundation. Sehingga proyeksi kegiatan programnya jelas dan terukur,"katanya.

Pembiayaan program kemitraan pengelolaan konservasi berkelanjutan TWP Pulau Pieh itu sendiri kata dia bersumber dari APBN maupun pihak ketiga (CRS) sebagaimana yang sudah diatur dalam Permen KP Nomor 21 Tahun 2015.

"Intinya dengan program kemitraan ini dapat mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan konservasi TWP Pulau Pieh. Kedua bisa mengedukasi masyarakat agar bisa memberdayakan Sumber Daya Alam (SDA) secara berkelanjutan. Ketiga masyarakat menjadi mandiri mengelola lingkungannya secara berkelanjutan,"tutupnya.

Sementara dari Yayasan Camar Foundation, Yani menekankan fokus program kemitraan yang akan dibangun dengan pihak LKKPN Pekanbaru dibidang advokasi, edukasi dan pengembangan mata pencarian alternatif disekitar KKPN TWP Pulau Pieh maupun laut sekitarnya.

"Lokasi kegiatan nantinya ada di tiga Kabupaten/Kota. Pertama Kota Padang diempat Kecamatan yaitu Kecamatan Koto Tangah, Padang Utara, Padang Barat dan Padang Selatan. Kedua Kota Pariaman yaitu Kecamatan Pariaman Utara, Pariaman Tengah dan Pariaman Selatan. Ketiga Kabupaten Padang Pariaman yaitu Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Batang Anai, Kecamatan Ulakan dan Tapakis,"kata Yani.

Dari program tersebut Yani manargetkan terwujudnya masyarakat pesisir yang berdaya dan mempunyai kesadaran untuk maju serta membangun kawasan dengan partisipasi aktif dengan semua pihak.

(Hri/utr)

Berita Terkait

Baca Juga