271 Hektar Areal Pertanian Rusak Akibat Banjir di Enam kecamatan Kabupaten 50 Kota

271 Hektar Areal Pertanian Rusak Akibat Banjir di Enam kecamatan Kabupaten 50 Kota 271 Hektar Areal Pertanian Rusak Akibat Banjir di Enam kecamatan Kabupaten 50 Kota, Senin (9/12/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Limapuluh Kota selama tiga hari terakhir membuat enam kecamatan terendam banjir. Banjir ini pun mengakibatkan seluas 271 hektar areal pertanian menjadi rusak. Daerah terparah terdampak banjir adalah Kecamatan Mungka.

"Dari data lapangan, hujan yang terus turun tiga hari belakangan ini mengakibatkan enam kecamatan terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi. Namun, data ini belum final karena petugas di lapangan masih merekap data," sebut Kalaksa BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Jhoni Amir kepada Covesia.com, Senin (9/12/2019).

Jhoni juga mengatakan dipastikan ratusan rumah dan areal pertanian juga ikut terendam banjir. Hanya saja jumlahnya belum bisa dipastikan.

"Yang jelas ratusan rumah dan sawah masyarakat kebanjiran. Namun pastinya belum bisa disebutkan karena petugas masih mendata di lapangan," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, Eki Hari Purnama menyebutkan sepuas 271 hektar areal sawah, ladang dan kebun masyarakat mengalami kerusakan akibat terendam banjir. Terparah terjadi di kecamatan Mungka

"Totalnya 271 hektar areal pertanian rusak karena banjir ini. Mayoritas sawah," sebut Eki.

Dari data yang disampaikan Eki, areal pertanian yang rusak di Kecamatan Mungka mencapai 140 hektar. Kemudian Lareh Sago Halaban 124 hektar, Akabiluru 2 hektar. 

Sedangkan di kecamatan Harau, Gunung Omeh, Suliki, Guguak, Payakumbuh, Situjuah Limo Nagari hanya mengalami kerusakan berkisar satu hektar.

Untuk kecamatan Pangkalanndan Kapur IX, belum ada laporan yang masuk ke Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Hanya kecamatan dan Kapur IX yang belum masuk laporannya," ujar Eki.

(agg)


Berita Terkait

Baca Juga