Penas Tani Dipindahkan ke Padang Pariaman, Wagub Sumbar: Kita Hanya Penyelenggara

Penas Tani Dipindahkan ke Padang Pariaman Wagub Sumbar Kita Hanya Penyelenggara Wagub Sumbar, Nasrul Abit, sesaat setelah mengikuti deklarasi menolak narkoba, seks bebas, dan kenakalan remaja di Sumbar di RTH Imam Bonjol Padang, Selasa (10/12/2019)(Foto: Laila)

Covesia.com - 2 Desember lalu Gubernur Sumbar mendapat surat dari kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian selaku penanggung jawab Penas Tani XVI 2020. Surat tersebut berisi rekomendasi pemindahan tempat pelaksanaan Penas Tani yang awalnya di Padang menjadi Padang Pariaman.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit membenarkan hal tersebut. "Memang dipindahkan tempatnya ke Asrama Haji yang dekat bandara," ungkapnya kepada wartawan sesaat setelah mengikuti deklarasi menolak narkoba, seks bebas, dan kenakalan remaja di Sumbar di RTH Imam Bonjol Padang, Selasa (10/12/2019).

Nasrul mengatakan hanya pemindahan tempat untuk waktu masih tetap dilaksanakan di bulan Juni mendatang. Alasan tidak jadi di Padang karena mereka sudah ada evaluasi. 

"Mereka sudah berapa kali kunjungan ke sini, jadi mungkin menurut mereka  terdapat persoalan yang belum bisa diselesaikan sampai hari ini," ungkapnya.

Penas tani ini adalah peragaan pertanian, bibit-bibit unggul yang akan diperlihatkan kepada seluruh peserta lebih kurang 50 ribu orang.  

Nasrul menjelaskan ada beberapa masalah lokasi penanaman. "Informasi mereka dibahas satu persatu, masalah lahan, tanaman, pemondokan, air, kapan bisa menanam, dan akhirnya dibuat pemecahan itu dengan sistem SWOT analisis," terangnya. 

Wagub Sumbar itu mengatakan bahwa Penas Tani ini adalah kegiatan pusat, Sumbar hanyalah penyelenggara. "Kita support dengan dana APBD, dan mereka yang mengundang ke 34 provinsi," jelasnya.

Kontributor: Laila Marni



Berita Terkait

Baca Juga