KPSP Serambi Milk Padang Panjang Mampu Produksi 400 Liter Susu Sehari

KPSP Serambi Milk Padang Panjang Mampu Produksi 400 Liter Susu Sehari Ridwan, ketua KPSP Serambi milk di peternakan susu sapi perah Padang Panjang (Foto: Debi/ Covesia)

Covesia.com - Koperasi peternakan sapi perah (KPSP) kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) mampu memproduksi olahan susu sapi 300 sampai 400 liter sehari. 

"Dalam sehari KPSP Serambi Milk mampu memproduksi olahan susu sapi sebanyak 300 sampai 400 liter susu sehari," ungkap Ketua KPSP Serambi Milk Padang Panjang, Ridwan di Padang Panjang, Selasa (10/12/2019).

Ia menerangkan melalui rumah pengolahan susu sapi perah padang panjang yang menjadi program klaster BI (Bank Indonesia) yang bekerjasama dengan pemko kini bisa mempasarkan hasil olahan susu sapi perah hingga luar propinsi. 

"Di rumah pengolahan susu sapi perah bisa memproduksi susu sapi olahan 500 - 1000 liter perhari dengan menggunakan alat pendingin seperti cooling unit, alat pasteurisasi, dan packinging," terangnya. 

Dari 1000 liter hasil susu sapi perah perharinya merupakan hasil susu sapi perah dari seluruh peternak sapi yakni 15 peternak dengan 9 kelompok tani dari lebih kurang 250 ekor sapi ternak. 

Untuk hasil dari olahan susu sapi perah itu bisa menghasilkan oalahan susu sapi pasteurisasi, yogurt, dan kefir. 

Sedangkan untuk pemasarannya sendiri Serambi Milk Padang Panjang telah merambah sejumlah kota dan kabupaten di Sumbar seperti kota Padang, Bukittinggi, Payakumbuh, 50 kota, Sijunjung, Dharmasraya, Solok dan kota lainnya. 

Untuk pemasaran luar propinsi telah merambah ke propinsi Jambi, Pekanbaru, dan Dumai. 

Agar menghasil susu sapi perah yang baik, sambung Ridwan ada perlakuan khusus bagi sapi perah seperti memperhatikan asupan gizi sapi yang berkualitas dengan memberi makan pagi dan sore mandi 2x sehari, konsentrat hewan dan hijauannya. Termasuk memperhatikan kebersihan kandang sapi. 

"Itu membantu menghasilkan susu sapi yang tidak anjir atau berbau sehingga hasil olahan susu sapi pun menjadi yang terbaik," katanya. 

Disamping itu, KPSP serambi Milk, juga bertujuan untuk menunjang perekonomian peternakan dibidang susu agar meningkat. 

"Ini juga membantu perekonomian peternak sekaligus membuka lapangan pekerjaan," sebutnya. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga