Potensi Cuaca Ekstrem Meningkat Hingga Januari di Sumbar, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Potensi Cuaca Ekstrem Meningkat Hingga Januari di Sumbar BMKG Imbau Masyarakat Waspada Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Fenomena angin kencang yang melanda sebagian wilayah Sumatera Barat, terutama di Kota Padang saat ini, disebabkan oleh adanya perbedaan suhu dan tekanan yang signifikan antara daerah dataran dengan perbukitan. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan pergerakan massa udara atau angin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yudha Nugraha selaku Kasi Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Minangkabau saat dihubungi Covesia.com, Kamis (12/12/2019).

Yudha menjelaskan bahwa kondisi tersebut sering terjadi pada saat kondisi cuaca cerah atau  saat musim transisi hujan. Hal ini dikarenakan perubahan cuaca yang berlangsung cukup cepat sehingga perubahan parameter lainnya, seperti suhu dan tekanan udara juga ikut mengikuti.

Dia juga menjelaskan bahwa karakteristik cuaca di Kota Padang saat ini tidak jauh berbeda dengan karakteristik cuaca di daerah-daerah di Sumbar lainnya. Dia mengatakan bahwa potensi kejadian cuaca ekstrem pada bulan Desember hingga Januari meningkat. Selain angin kencang, fenomena cuaca ekstrem tersebut, seperti hujan lebat, petir, dan hujan es. 

"Dengan demikian, masyarakat diimbau mewaspadai titik-titik rawan bencana atau pun objek yang menimbulkan bencana, seperti pohon besar, daerah lapang, ataupun bukit-bukit rawan longsor," kata dia.

Kontributor: Fakhruddin Arrazzi

Berita Terkait

Baca Juga