Unik, Ada Pohon Kelapa Bercabang Tujuh di Agam Sumbar

Unik Ada Pohon Kelapa Bercabang Tujuh di Agam Sumbar Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - Tanaman jenis palem merupakan tumbuhan dengan pohon tumbuh tinggi menjulang dan tidak mempunyai cabang, namun lain halnya dengan pohon kelapa kelapa Hasan Basri (58) warga Kampung Tanjung, Jorong Puduang, Nagari Bawan, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam. Satu Batang Kelapa Miliknya malah memiliki Tujuh Cabang

Saat dikunjungi Covesia.com, Hasan Panggilan Hasan Basri langsung menunjukkan pohon kelapa unik yang tumbuh di depan rumahnya tersebut. "Tingginya sekitar 12 meter dan bercabang 14, namun karna terlihat sangat banyak jadi saya potong dan tinggalkan 7 cabang," ujarnya kepada Covesia.com, Minggu (15/12/2019)..

Dilanjutkan Hasan, kelapa tersebut sudah berumur 15 tahun, saat tinggi mapai 10 meter mulai bercabang dua. "Awalnya tidak begitu saya perhatikan namun cabangnya semakin bertambah dan berjumlah 14 saya heran kalo saya perhatikan masih ada cabang yang akan tumbuh," terangnya.

Uniknya, setiap cabang memiliki buah yang cukup lebat, setidaknya ada 5 hingga 10 butir buah kelapa.

Keunikan Kelapa Bercabang ini cukup menjadi dayatarik  tersendiri, saat menuju lokasi terlihat beberapa warga yang datang untuk mengabadikan fenomena langka itu. "Unik, biasanya kelapa tidak bercabang yang ini beda, bahkan ada cabang yang akan tumbuh," ujar Aprianto Pengunjung asal padang.

Diakui Aprianto, ia sengaja datang dari  Padang hanya untuk menyaksikan secara langsung pohon kelapa bercabang tujuh itu. "Kabarnya sudan beredar di media sosial, jadi saya penasaran untuk datang kesini," terangnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga