Jelang Tahun Baru, Sudah 1.500 Orang Tercatat Mendaki Gunung Marapi 

Jelang Tahun Baru Sudah 1500 Orang Tercatat Mendaki Gunung Marapi  Sejumlah pendaki Gunung Marapi terlihat bersiap-siap melakukan pendakian di Posko Kaki Gunung Marapi Tanah Datar, Selasa (31/12/2019)(Foto: Debi)

Covesia.com - Pos Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat ada 1.500 orang mendaki Gunung Marapi jelang pergantian tahun baru yang terhitung dari tanggal 27 Desember hingga 31 Desember 2019, pada pukul 18.00 WIB. 

"Hingga pukul 6 sore ini sudah ada 1.500 orang yang mendaki ke Gunung Marapi jelang pergantian tahun baru," kata Aries, bendahara Pokdarwis Pos Gunung Marapi, Koto Baru, Tanah Datar, Selasa (31/12/2019).

Ia menambahkan hingga pukul 12 malam nanti jelang pergantian tahun diperkirakan jumlah orang yang akan melakukan pendakian diprediksi akan terus bertambah. 

"Orang yang melakukan pendakian sebagian sudah turun dan ada yang masih bertahan karena ingin merayakan pergantian tahun di Puncak Marapi," ujarnya. 

Meski demikian, jika dibandingkan di tahun 2018 jelang pergantian tahun baru, jumlah pendaki yang naik ke Gunung Marapi menurun. Jika tahun sebelumnya 4.000 lebih orang mendaki namun tahun ini baru mencapai 1.500 orang. 

"Itu dikarenakan faktor cuaca yang sering hujan sehingga mengakibatkan kabut tebal dan imbauan dari pemerintah Tanah Datar untuk tidak melakukan pendakian jelang pergantian tahun baru di Gunung Marapi," terangnya. 

Ia menambahkan kepada pendaki yang melakukan pendakian diimbau untuk tidak membuang sampah bekal yang dibawa ke Marapi dan setiap pendaki juga diberikan kantong keresek untuk membawa kembali sampah-sampah itu. 

"Ini kita wajibkan kepada pendaki untuk membawa kembali kantong keresek yang diberikan agar tidak meninggalkan sampah sisa bekal yang dibawa," sebutnya. 

(deb/don) 


Berita Terkait

Baca Juga