BPBD: 6 Unit Bangunan di Jorong Tanjung Sawah Tanah Datar Dihantam Longsor

BPBD 6 Unit Bangunan di Jorong Tanjung Sawah Tanah Datar Dihantam Longsor Suasana lokasi longsor di jorong Tanjung Sawah, Tanah Datar, Sumbar. Jumat (17/1/2020). Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) mendata 6 unit bangunan rusak akibat dihantam longsor yang terjadi di jorong Tanjung Sawah, Tanah Datar, Jumat (17/1/2020) pagi. 

"Data sementara ada 6 unit bangunan yang rusak akibat dihantam longsor di Jorong Tanjung Sawah, Tanah Datar," ungkap Kalaksa BPBD Tanah Datar, Thamrin. 

Ia menerangkan, 6 unit bangunan itu meliputi 2 unit rumah, 2 unit tempat bangunan usaha, 1 unit fasilitas PDAM, 1 unit kantor Wali Jorong. Material longsor juga menghanyutkan 2 unit kendaraan, 1 kendaraan roda empat dan satu unit kendaraan roda dua serta sejumlah hewan ternak milik warga. 

"Longsor juga merusak sejumlah fasilitas seperti irigasi, jalan, jembatan dan memutus aliran air bersih," katanya. 

Ia menyebutkan akibat longsor itu juga memutus jalan antar dua Nagari yakni Guguak malalo dan Padang Laweh Malalo di jorong Tanjung Sawah, Tanah Datar. 

"Jalan antar dua nagari itu merupakan jalan Propinsi yang menghubungkan Padang Panjang dan Solok melalui Malalo," ujarnya. 

Untuk jumlah kerugian yang diakibatkan, tambahnya masih dilakukan pendataan dan tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. 

"Untuk masyarakat sekitar tetap diimbau waspada terhadap bencana, mengingat intensitas hujan yang masih terjadi," imbaunya. 

(deb/rdk) 

Berita Terkait

Baca Juga