Banjir Rendam Ratusan Rumah di 4 Jorong di Dharmasraya, Aktivitas Warga Terhenti

Banjir Rendam Ratusan Rumah di 4 Jorong di Dharmasraya Aktivitas Warga Terhenti Seorang warga berenang di dekat rumah yang terendam banjir di Dharmasraya, Selasa (21/1/2020). Sumber: BPBD

Covesia.com - Sekitar 200 rumah di empat jorong di Nagari Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat terendam oleh banjir, Selasa (21/1/2020).

"Rumah warga yang terdampak untuk sementara kurang lebih 200 unit di Jorong Sungai Belit, Jorong Batu Agung,  Jorong Sialang, dan Jorong Kampung Surau," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Dharmasraya Ardianus Effendi saat dihubungi Covesia via telepon, Selasa (21/1/2020) sore. 

Dia menyatakan bahwa, berdasarkan data sementara yang diperoleh oleh BPBD Kabupaten Dharmasraya, lebih kurang 200 Kepala Keluarga di empat jorong tersebut terdampak oleh banjir. Bukan hanya itu, aktivitas warga di empat jorong tersebut pun terhenti. 

Saat ini, kata Ardianus, BPBD sudah mendirikan satu tenda pengungsian di Jorong Sungai Belit. Dia mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Dharmasraya belum bisa merincikan estimasi kerugian akibat bencana banjir.

Ardianus menjelaskan bahwa banjir disebabkan oleh hujan deras yang melanda Dharmasraya sejak Senin (21/1/2020) malam. Curah hujan membuat Sungai Batang Pangian di Jorong Sialang meluap ke badan jalan. Rumah warga di empat jorong di Nagari Gunung Selasih pun terendam. "Ketinggian air ada mencapai dua meter," ujarnya.

Saat ini, kata Ardianus, hujan di Dharmasraya sudah mulai reda. BPBD bersama lintas sektor dan masyarakat setempat juga akan membersihkan rumah warga setelah air surut.

Kata Ardianus, di Nagari Gunung Selasih, selain di empat jorong tersebut, banjir juga melanda Jorong Lubuk Bulang. Namun, dia belum memperoleh informasi terkait dampak dan jumlah KK yang terdampak akibat banjir tersebut. Informasi yang dihimpun, BPBD Kabupaten Dharmasraya berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti TNI dan Polri untuk melakukan evakuasi warga korban banjir. 

(fkh/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga