Tanggapi Isu Miring, Lapas Klas II B Pariaman Akan Tingkatkan Pengamanan dan Razia Rutin

Tanggapi Isu Miring Lapas Klas II B Pariaman Akan Tingkatkan Pengamanan dan Razia Rutin Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) klas IIB Pariaman, Eddy Junaidi (Foto: Covesia/ Peri)

Covesia.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman, Sumatera Barat, akan meningkatkan sistem pengamananya dan melakukan razia secara rutin di Lapas, hal tersebut karena seringnya terdengar informasi bahwa penangkapan pelaku penyalahgunaan narkoba di kota itu dikendikan oleh narapida yang berada di dalam Lapas. 

Hal tersebut dikatakan Kepala Lapas (Kalapas) klas IIB Pariaman, yang baru Eddy Junaidi saat serah terima jabatan dari Kalapas lama Pudjiono Gunawan, di Lapas Klas IIB Pariaman, pada Kamis (23/1/2020). 

"Sebenarnya persoalan narkoba di lapas itu tidak hanya di Pariaman saja, namun di Indonesia secara umum isu narkoba menjadi masalah nasional," kata Eddy Junaidi.

Lanjut Eddy Junaidi, jadi tidak bisa dipungkiri, meskipun sebagai orang baru di sini tentu akan bekerja semaksimal mungkin berserta jajaran. 

Dikatakan Eddy, ke depan pihaknya akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak Polres Kota Pariaman, Polres Padang Pariaman, BNNK dan BNNP untuk memerangi peredaran narkoba ini, baik itu di lapas ataupun di luar.

"Khusus untuk peredaran narkoba di lapas kami akan memperketat pengaman dan melakukan razia secara rutin di lapas," ujarnya.

Eddy mengatakan, selain melakukan razia secara masif, tentunya perlu dukungan sarana yang memadai, di mana selama ini di Lapas Pariaman masih dilakukan dengan cara manual.

"Sebab, kemarin saja saya tugas di Lapas Cipinang yang sudah mempunyai alat berupa x-ray maupun Body Scanner, tapi itu juga masih kebobolan. Jadi tentunya memang masalah keamanan khususnya penyelundupan narkoba di lapas tidak akan berhasil kalau tidak didukung oleh komitmen dari petugas lapas itu sendiri," ungkapnya. 

Makanya selain teknologi yang canggih, dalam memerangi peredaran narkoba di Lapas, komitmen yang kuat dari seluruh petugas di lapas sangat diperlukan. 

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga