Diduga Lakukan Penipuan, Organisasi IMD di Pariaman Resahkan Warga

Diduga Lakukan Penipuan Organisasi IMD di Pariaman Resahkan Warga Spanduk organisasi IMD tersebut yang di pasang di Daerah itu (Foto: Peri)

Covesia.com - Diduga melakukan modus penipuan, warga Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, diresahkan dengan adanya organisasi Indonesia Mercusuar Dunia (IMD) di daerah itu. 

Menanggapi hal tersebut, Walikota Pariaman, Genius Umar di dampingi oleh Kepala Diskominfo Kota Pariaman Hendri, dan Kepala Kesbangpol Kota Pariaman Muhammad Rum, melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan menggelar rapat di Kantor Kepala Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara tersebut. 

"Saya tadi malam mendapatkan laporan itu dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pariaman, dan intelijen bahwa di Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara ini muncul organisasi IMD, makanya sekarang saya ke sini," kata Genius Umar pada Kamis (23/1/2020).

Lanjut Genius, organisasi IMD ini dipimpim langsung oleh ASN Pemda Kerawang Bekasi bernama Djuanda (50). Sedangkan untuk pimpinannya di desa ini menurut informasi diketuai oleh Tuangku Ayattudin warga Desa Sikapak Timur yang berdomisili di Kabupaten Padang Pariaman.

"Asumsi saya organisasi ini semacam modus bagaimana menipu masyarakat saja, yaitu dengan cara mengumpulkan masyarakat. Nanti siapa yang bergabung akan diberi uang satu milar bahkan lebih perbulannya, tapi sebelum bergabung wajib menyetor uang pendaftaran sebanyak Rp1,7 juta per orang," sebutnya.

Dikatakan Genius, semua itu hanya tipu-tipuan saja dengan diiming-imingi uang milaran tersebut, karena hal itu tidak mungkin ada. 

Genius menyebutkan, organisasi ini belum ada izinnya dari Kesbangpol Kota Pariaman, jadi ia meminta oganisasi yang meresahkan masyarakat ini dibubarkan, dan kepada Tuangku Ayattudin selaku Ketua Organisasi IMD yang ada di Desa Sikapak Timur ini agar diberikan pembinaan oleh Kesbangpol dan juga aparat hukum terkait supaya tidak terlalu jauh melakukan kesalahan terhadap dirinya sendiri dan juga masyarakat.

Kepada masyarakat Genius mengimbau, agar tidak termakan dengan bujuk rayu organisasi ini dan tidak mudah tertipu dengan iming-iming uang miliaran tersebut. Organisasi seperti ini dari dulu sudah banyak tapi hanya ganti nama saja sekarang. 

(per/nod)


Berita Terkait

Baca Juga