Mudahkan Masyarakat, Disdukcapil Pariaman Sediakan Layanan Antar Dokumen Lewat Pos

Mudahkan Masyarakat Disdukcapil Pariaman Sediakan Layanan Antar Dokumen Lewat Pos Petugas Disdukcapil Pariaman memberikan perlayanan kepada masyarakat. Foto: istimewa

Covesia.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman, membuat terobosan baru yaitu layanan pengantaran dokumen kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat melalui jasa kantor Pos dan Giro.

"Terobosan ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Disdukcapil Kota Pariaman, Syahfirman pada Jumat (24/1/2020).

Lanjut Syahfirman, pelayanan pengiriman dokumen kependudukan dan catatan sipil itu dilakukan atas kerja sama dengan pihak kantor Pos dan Giro dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).

"Kerja sama itu telah dimulai sejak Kamis (12/12/2019) tahun lalu. Kemudian dokumen akan dikirim langsung via Pos dan Giro kerumah penduduk yang telah melakukan pendaftaran, dan yang paling penting penduduk tidak dipungut biaya alias gratis," jelasnya.

Dikatakan Syahfirman, untuk memberikan perlayanan yang terbaik kepada masyarakat, maka pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi di Disdukcapil Kota Pariaman. 

"Dengan terobosan baru ini, nanti pihak Kantor Pos tersebut yang akan mengantarkan e-KTP, kartu keluarga, akte lahir, akte kematian ke rumah warga, agar mempermudah masyarakat di Kota Pariaman dalam memperoleh administrasi kependudukan," ungkapnya. 

Syahfirman menyebutkan, dengan adanya terobosan ini masyarakat tidak perlu bolak-balik ke Disdukcapil, karena setelah surat diurus tidak perlu dijemput ke Disdukcapil lagi, tetapi cukup menunggu di rumah saja dan pengiriman hanya memakan waktu satu hari kecuali hari libur.

"Semoga saja dengan adanya inovasi ini masyarakat akan merasa lebih mudah dan terbantu," ujarnya.

(per/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga