BPBD Imbau Masyarakat Bukittinggi Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret

BPBD Imbau Masyarakat Bukittinggi Waspada Cuaca Ekstrem Hingga Maret Ilustrasi - Salah satu lokasi longsor di kelok Cindua Ngarai jalan Binuang kelurahan Kayu Kubu, kota Bukittinggi. Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau masyarakat waspada cuaca ekstrem hingga bulan Maret 2020.

"Menurut BMKG diperkirakan cuaca ekstrem akan berlangsung hingga bulan Maret 2020," kata Ibentaro Samudra, Kepala BPBD Kota Bukittinggi, Senin (17/3/2020).

Ia mengatakan, intensitas hujan lebat masih berpotensi mengguyur wilayah Sumbar termasuk Kota Bukittinggi yang rawan terjadi banjir dan genangan air termasuk bencana longsor. 

"Ada lima kawasan yang rawan banjir di Bukittinggi yakni Tarok, Barumbuang, Pasar Bawah, Anak Aia, dan Pintu Kabun. Termasuk satu kawasan kelok cindua jalan Binuang ngarai di kelurahan Kayu Kubu yang rawan longsor," jelasnya. 

Untuk mengantisipasi bencana itu, pihaknya menyiagakan personil untuk piket 24 jam termasuk mendirikan posko bencana di mako BPBD untuk segera menangani daerah yang terkena banjir. 

BPBD mengatakan saluran drainase yang ada juga tidak menampung debit air dikala hujan ditambah Bukittinggi juga mendapat kiriman air dari kabupaten tetangga sehingga aliran air meluap menggenangi jalan dan masuk ke pemukiman warga. 

"Warga juga diminta jangan membuang sampah ke saluran air agar tidak menyumbat aliran air," ucapnya. 

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga