Tingkatkan Ekonomi Petani Ikan, DPPP Kota Pariaman Salurkan Bibit Ikan dan Pakan Gratis

Tingkatkan Ekonomi Petani Ikan DPPP Kota Pariaman Salurkan Bibit Ikan dan Pakan Gratis Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril (Foto: Covesia/ Peri Musliadi)

Covesia.com - Untuk meningkatkan perekonomian para petani ikan dan memenuhi kebutuhan kosumsi ikan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kota Pariaman memberikan bibit ikan dan pakan kepada masyarakat di daerah itu. 

"Sepanjang tahun 2019 kemaren, kami sudah memberikan bantuan itu kepada 375 kepala keluarga (KK) yang ada di Kota Pariaman," sebut Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril pada Rabu (19/2/2020).

Katanya, hal itu dilakukan melalui program satu rumah satu kolam ikan untuk warga Kota Pariaman. Kemudian, program itu diberikan kepada masyarakat yang memiliki lahan dan ada ketersedia air di kawasan rumahnya. 

"Batuan itu diberikan berupa bibit ikan, seperti bibit lele, gurami dan nila, selanjutnya pakan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan penyuluhan yang akan selalu mendampingi masyarakat dalam proses pembesaran ikan tersebut. 

"Untuk saat ini sudah ada kolam dari masyarakat tersebut yang sudah panen. Terutama masyarakat yang melakukan budidaya lele, sebab ikan lele itu tiga bulan sudah bisa dipanen," sebut Dasril.

Dasril juga menyebutkan, untuk hasil produksi ikan air tawar di Kota Pariaman mencapai 315 ton dalam satu tahun, itu didominasi ikan lele sebanyak 280 ton dan sisanya itu adalah ikan Nila dan Gurami.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga