Produksi Sampah Capai 25 Ton Per Hari, Pemko Pariaman Perluas Lahan TPA

Produksi Sampah Capai 25 Ton Per Hari Pemko Pariaman Perluas Lahan TPA Ilustrasi sampah

Covesia.com - Dengan jumlah penduduk sekitar 86.618 ribu jiwa, setiap harinya Kota Pariaman menghasilkan sampah sekitar 25 ton. Sedangkan untuk luas lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampahnya masih belum memadai. 

"Sekarang TPA yang ada seluas 1,5 hektar sedangkan sampah masuk banyak sehingga tidak memadai. Tapi alhamdulillah karena proses pembebasan lahan seluas dua hektar sudah selesai, sehingga nanti TPA akan akan ditambah menjadi 3,5 hektar," kata Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman, Muhammad Sukri, pada Kamis (20/2/2020).

Sukri menyebutkan, pembebasan lahan sudah selesai, namun sekarang tinggal rencana pembangunannya. 

Tapi nanti pihaknya akan mengajukan bantuan dana untuk pembangunan tersebut ke pemerintahan pusat, semoga saja secepatnya terealisasi.

Sementara itu Sukri juga menyampaikan, bahwa menurutnya setiap ada masalah terkait sampah selalu yang disalahkan Lingkungan Hidup. Padahal masalah sampah tersebut sebenarnya masalah kita semua, sangat dibutuhkan keterlibatan setiap orang, minimal tidak membuang sampah sembarangan. 

"Untuk saya menghimbau kepada semua warga mulailah lakukan pilah sampah, sebab disalah satu kelurahan di Kota Pariaman, sudah bisa membayar PBB dengan sampah. Artinya, sampah sudah bernilai ekonomi," sebutnya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga