Gunakan Alat Berat, Pembersihan Longsor di Koto Tuo Agam Ditargetkan Hari Ini

Gunakan Alat Berat Pembersihan Longsor di Koto Tuo Agam Ditargetkan Hari Ini Pembersihan material longsor di Koto Tuo Agam, Kamis (20/2/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Gunakan, alat berat pembersihan material longsor di Koto Tuo, Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ditargetkan selesai hari ini.

Pasca longsor yang dipicu curah hujan tinggi pada Rabu (19/2/2020) malam, akses lalu-lintas di Koto Tuo terganggu. Selain tanah, material longsor mengangkut rumpun besar bambu dan menimbun badan jalan.

"Kita mengalami kesulitan untuk melakukan evakuasi hal itu dikarenakan curah hujan masih tinggi dan kontur tanah labil, jadi berpotensi terjadi longsor susulan," ujar Kalaksa BPBD Agam M Luthfi AR melalui Personil BPBD Agam Harry Kamis (20/2/2020).

Dilanjutkannya Penyingkiran material longsor dikerjakan pada Kamis pagi hari dengan menggunakan satu unit alat berat dari Dinas PUTR Agam.

Sebelumnya BPBD Agam, bersama Polri TNI, Pemerintah nagari dan pihak terkait lainnya sudah menyingkirkan sebagian bambu yang menutupi badan jalan, hal itu untuk membuka akses lalu-lintas jelang evakuasi longsor.

Untuk saat ini akses lalu- lintas sudah bisa silewati kendaraan roda dua, sementara itu petugas terus berupaya membuang tanah dan batu yang menimbun badan jalan. "Untuk saat ini kita masih berupaya melakukan evakusi dan pengerjaan ditargetkan hari ini," terangnya.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga