Pemko Pariaman Akan Gali Berbagai Potensi yang Ada Dalam Pencapaian Target PAD

Pemko Pariaman Akan Gali Berbagai Potensi yang Ada Dalam Pencapaian Target PAD Kepala BPKPD Kota Pariaman, Buyung Lapau (Foto: Covesia/ Peri Musliadi)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, akan menggali berbagai potensi yang ada di kota tersebut untuk mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah itu tahun 2020 ini. 

"Tahun ini PAD Kota Pariaman ditargetkan sebesar Rp 58 miliar, dan mengalami kenaikan dibanding pada 2019 lalu yang hanya sebesar Rp 42 miliar," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman, Buyung Lapau pada Jumat (21/2/2020).

Lanjut Buyung, dari PAD yang ditargetkan tahun lalu sebesar Rp 42 miliar, namun yang terealisasi sekitar 80 persen.

"Meski tahun ini target PAD dinaikan, tapi kami optimis bisa tercapai dengan melihat potensi yang ada di Kota Pariaman," ucapnya. 

Dikatakan Buyung dalam pencapaian itu, nanti pemkot akan menggali berbagai potensi yang ada di Kota Pariaman ini. Seperti akan menaikan zona nilai tanah. 

Kemudian, untuk masuk objek wisata Pantai Gandoriah akan pakai tiket masuk, yang nantinya digerbang masuk akan dilengkapi empat portal untuk pengambilan tiket masuk dan pembayarannya.

"Lalu ada juga di segi parkir yang bekerjasama dengan Dinas Perhubungan. Kami akan terapkan sistem parkir berlangganan dan dibayar pertahun," katanya.

Buyung menyebutkan, semoga saja dengan langkah-langkah itu PAD 2020 bisa tercapai. Kemudian ia juga menghimbau agar para pemilik restoran dan hotel di kota Pariaman, untuk sadar akan membayar pajak tempat usahanya. 

"Karena saya melihat masih sangat rendahnya kesadaran mereka untuk membayar pajak tersebut," ujarnya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga