Antisipasi Abrasi Pantai, Polres Pessel Tanam 3000 Pohon Magrove

Antisipasi Abrasi Pantai Polres Pessel Tanam 3000 Pohon Magrove Penamaan Magrove yang dilakukan Kapolres Pessel AKBP Cepi Noval secara simbolis di Kawasan Konservasi Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Pessel. (Foto: Indra Yen)

Covesia.com - Jajaran Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penanaman 3000 batang pohon magrove di kawasan Konservasi Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, pada Jumat (21/2/2020).

Penanaman mangrove itu, bertujuan sebagai bentuk mengantisipasi terjadinya abrasi pantai di daerah tersebut.

Penanaman 3000 batang magrove pada hari ini, dihadiri langsung oleh Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval bersama Forkopimda Pessel, Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi ( KPHP) Pessel, serta masyarakat setempat.

Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval mengatakan, giat penanaman mangrove yang dilakukan pada hari ini adalah sebagai bentuk, kepedulian Polri terhadap ekosistem laut dan penghijauan pantai di Pessel. 

Terkususnya kata Kapolres, yaitu di kawasan Konservasi Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera. 

Selain menjaga dan tingkat kepedulian terhadap ekosistem laut, penanaman pohon magrove kali ini, juga sebagai bentuk upaya mencegah abrasi pantai di daerah ini.

Sebab, sama-sama diketahui Kabupaten Pesisir Selatan, adalah daerah yang memiliki pantai yang cukup panjang di Sumbar. 

"Jadi dengan demikian, kita wajib menjaga pantai kita dan melindungi ekosistem laut kita. Sebagai bentuk upaya peningkatan sumber ekonomi masyarakat. Dan kita juga bisa mengantisipasi bencana abrasi yang sering melanda daerah kita ini,"kata Kapolres usai melakukan penanaman mangrove pada wartawan.

Ia menambahkan, kemudian giat kali ini, juga bentuk kepedulian Polri tentang penghijauan melalui program Kapolri, melalui Kapolda Sumbar.

"Kita Polri melaksanakan penanaman pohon magrove di seluruh wilayah Indonesia yang juga berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Kapolres.

Sementara, Ketua KPHP Pessel Mardianto, mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon mangrove yang dilaksanakan oleh Kapolres Pessel, beserta jajaran Polres Pessel.

"Dengan penanaman mangrove berarti, kita bersama ikut menjaga ekosistem lingkungan. Dan menjaga pantai dari abrasi yang terus mengikis bibir pantai di wilayah Pessel," katanya.

Lanjutnya, Muda-mudahan dengan penanaman ini, ekosistem laut bisa terus terjaga. Karena, dengan pohon mangrove ini, berbagai biota laut dapat hidup dan berkembang.

"Keberadaan mohon mangrove ini dapat memberikan sumber kehidupan bagi biota laut lainnya, selain bisa mengantisipasi abrasi. Seperti, yang dapat hidup disana, Kepiting, Udang dan sekaligus juga bisa menunjang ekonomi masyarakat kita," tutupnya.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga