Angin Kencang, Belasan Pohon Tumbang di Kota Padang

Angin Kencang Belasan Pohon Tumbang di Kota Padang Angin kencang sebabkan pohon tumbang di daerah Lubuk Minturun, kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sabtu (22/2/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Angin kencang yang melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai Jumat (21/2/2020) hingga Sabtu (22/2/2020) pagi menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik di daerah itu.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Sutan Hendra menyebutkan, berdasarkan laporan yang dihimpun, Sabtu (22/2/2020) hingga pukul 09.00 WIB, ada 13 pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin kencang.

"13 titik tersebut berada di Kecamatan Nanggalo, Padang Barat, Padang Timur, Pauh, Koto Tangah, dan Padang Selatan," ungkap Sutan Hendra.

Ia mengatakan pohon tumbang yang terjadi mengakibatkan akses jalan jadi terhambat, menimpa rumah, dan kabel listrik terputus.

"Untuk saat ini tindak lanjut, BPBD Kota Padang telah melakukan pembersihan dan pemotongan pohon yang tumbang tersebut," kata dia.

Dari data BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau, sejak Kamis (20/2/2020) mengamati telah terjadi fenomena angin kencang di wilayah Sumatera Barat terutama di bagian barat Bukit Barisan. Berdasarkan data, kecepatan angin dapat mencapai 30 Knots atau 50-60 km/jam. Kondisi angin terjadi diiringi dengan cuaca cerah dan umumnya terjadi pada saat pagi hingga menjelang siang hari.

(fkz/don)




Berita Terkait

Baca Juga