Karateka AL Star Sutera-Pessel Borong 40 Medali pada Kejuaraan Gokasi Sumbar

Karateka AL Star SuteraPessel Borong 40 Medali pada Kejuaraan Gokasi Sumbar Gokasi Al Star Kecamatan Sutera, Pessel, menjadi juara umum pada kejuaran Gokasi Sumbar di MAN 2 Padang. (Istimewa)

Covesia.com - Karateka Perguruan Gokasi Al Star Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memborong 40 mendali dari 64 medali yang diperebutkan, pada kejuaran Karate Gokasi Sumbar yang dilaksanakan di MAN 2 Padang, pada 22-23 Februari 2020.

Dari keberhasilan memborong 40 mendali di kejuaran itu, Perguruan Gakasi Al Star Sutera juga dinobatkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang Piala bergiril Walikota Padang. 

Pada kejuaraan itu, dari beberapa peserta Perguruan Gokasi yang diikuti oleh Kabupaten/Kota di Sumbar, Perguruan Gokasi Al Star Sutera, menjadi yang terbanyak mendapatkan mendali di berbagai kelas.

Pelatih Karate Gokasi Sutera AL Star, Isron mengatakan, anak didiknya berhasil meraih mendali dari dua kelas pertandingan. 

Pertama, dari kelas Kata (Seni) memperoleh 8 medali emas, 4 perak dan 8 perunggu. 

Untuk kelas kedua, kelas Komite (Tarung) memperoleh 6 mendali emas, 3 perak, dan 11 perunggu.

Kejuaran ini diikuti oleh anak-anak didiknya, mulai dari kelahiran 2001 sampai 2014. 

"Totalnya ada 40 mendali yang berhasil kita boyong pulang," sebutnya kepada Covesia.com, Senin (24/2/2020) di Sutera.

Ia menambahkan, dari kabupaten Pesisir Selatan, perguruan Gokasi yang ikut tidak hanya pergurannya dari Kecamatan Sutera. Tetapi, juga ikut dari Gokasi di Kecamatan Linggo Sari Baganti. 

"Alhamdulillah, dari perguruan Gokasi di beberapa Kabupaten/kota di Sumbar, termasuk kita di Pessel. Kita bisa menjadi nomor satu dan menjadi juara umum," ujarnya.

Kendati demikian katanya, selaku pelatih ia sangat bangga dengan keberhasilan yang ditorehkan oleh anak-anak didiknya. 

Mesti, untuk hadir pada kejuaran kali ini tanpa ada perhatian dari Pemerintah Daerah, Kecamatan serta dari Kenagarian, Gokasi Al Star Sutera bisa menjadi nomor satu. 

"Saya sangat bangga dengan semangat anak-anak saya. Meski tidak ada dukungan dari pihak pemerintah, kita tetap berangkat dengan dana pribadi. Dan Alhamdulillah, hasilnya sangat mengejutkan," ujarnya lagi.

Melihat hasil yang diraih anak-anak didiknya itu, Isron selaku pelatih berharap kepada pemerintah daerah, untuk mendukung perkembangan dan semangat anak-anak muda Pessel di bidang seni bela diri Karate. 

Sebab, katanya, bibit yang dimiliki generasi Pessel, tidak jauh kalah dari Kabupaten/kota lainnya. 

"Ya, setidaknya untuk Karate di Pessel, mendapatkan perhatian lebih dari Pemda. Sebab, kita sama-sama tau, dari beberapa kejuaraan di Sumbar, anak-anak didik saya pasti bisa membawa mendali," tutupnya.

(idy/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga