Seekor Buaya Muara Masuk Perangkap Ikan Warga di Pasaman Barat

Seekor Buaya Muara Masuk Perangkap Ikan Warga di Pasaman Barat Seekor Buaya Muara yang masuk perangkap ikan milik warga di di Sungai Batang Laping, Jorong Sidomulyo, Nagari Desa Baru, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Kamis (27/2/2020)(Foto: Ist)

Covesia.com - Seekor buaya muara jenis (Crocodylus Porosus) berukuran sekitar 1,5 meter masuk perangkap ikan milik warga di Sungai Batang Laping, Jorong Sidomulyo, Nagari Desa Baru, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

Wali Nagari Desa Baru, Triwidodo Sutrisno mengatakan buaya muara itu masuk perangkap ikan tradisional 'lukah' warga siang tadi, Kamis (27/2/2020).

"Kejadian ini berawal saat warga memasang perangkap untuk menangkap ikan di sungai Batang Laping, yang ada di sekitar perkampungan itu. Namun tidak sengaja malah buaya muara yang masuk ke dalam perangkap tersebut," katanya.

Triwidodo mengatakan Buaya muara tersebut memang diketahui warga sudah berkeliaran di batang sungai dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

"Usai ditemukan, buaya muara itu langsung dilaporkan kepada pihak polisi setempat. Saat ini sudah diamankan oleh Bhabinsa, Bhabinkantibmas bersama warga. Sebelum kemudian nanti akan diserahkan ke pihak BKSDA," katanya.

Dengan adanya kemunculan buaya itu, pihaknya mengimbau agar warga selalu lebih waspada dan mengurangi aktifitas sehari- hari di Sungai Batang Laping- Langkitang, Nagari Desa Baru.

Sementara Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pasaman, Ade Putra mengatakan buaya itu sementara sudah di amankan ke dalam kandang yang yang telah mereka siapkan sebelumnya.

"Rencananya satwa buaya akan dievakuasi oleh Tim BKSDA ke kantor Lubuk Basung untuk di observasi. Sebelum nanti di putuskan akan dilepasliarkan kembali ke alam yang lokasinya aman dan jauh dari warga apabila kondisinya layak," kata Ade Putra.

(hri)


Berita Terkait

Baca Juga