Suhu Panas Capai 38° di Pesisir Selatan, Puluhan Warga Terkena ISPA

Suhu Panas Capai 38° di Pesisir Selatan Puluhan Warga Terkena ISPA Ilustrasi - pixabay

Covesia.com - Akibat suhu panas yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang mencapai 36°-38° di daerah tersebut, sekitar 42 warga setempat diserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Jumlah tersebut, didapatkan Covesia.com dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. Di mana, ada sekitar puluhan warga yang terdiri dari anak-anak dan dewasa terserang penyakit ISPA.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Vera Kornita mengatakan, sejak Januari 2020 sebanyak 42 warga terserang penyakit ISPA.

Sebanyak 42 warga tersebut tersebar di 15 Kecamatan di Pessel, dengan rentang umur balita, anak-anak sampai dewasa.

"Penyakit ISPA yang menyerang warga ini, dampak dari cuaca panas yang terjadi di wilayah Pessel, sejak beberapa bulan ini," sebutnya Vera kepada Covesia.com, Jumat (28/2/2020)

Ia menambahkan, warga yang terserang ISPA diantarnya dengan ciri-ciri utamanya, batuk, pilek dan sesak napas.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, pasien yang terparah hanya di rawat ke Puskesmas, sementara yang lainnya, mendapatkan rawat jalan, atau dikasih obat," ujarnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya mengimbau seluruh warga Pessel, untuk menjaga kesehatan dengan cara, antisipasi dini terkait dampak cuaca panas yang terjadi.

Selain itu, kepada seluruh Puskesmas yang berada di Kecamatan, diharapkan melakukan kegiatan promotif dan preventif seperti, penyuluhan keliling tentang mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Terutama bagi masyarakat, utamakan perbanyak mengkonsumsi air putih dan sedikit mengurangi aktivitas di luar rumah," ujarnya.

Kendati demikian, katanya, masyarakat apabila merasakan gejala ISPA untuk segera melapor dan memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

"Jika ada merasakan gejala itu, kita sarankan cepat periksa ke Puskesmas terdekat atau ke tenaga kesehatan yang ada. Karena, kondisi cuaca kita saat ini masih tinggi dan ditambah dengan angin kencang yang mempercepat datangnya penyakit ISPA," pungkasnya.

Sementara, pantauan Covesia.com dari Aplikasi perkiraan cuaca AccuWeather, untuk wilayah Painan Pessel, cuaca saat ini diperkirakan mencapai 36°-38°.

  • Indeks UV: 2 Rendah
  • Angin: S 14 kph
  • Angin Kencang: 20 kph
  • Kelembapan: 66%
  • Titik Embun: 23°
  • Tekanan: 1006.9 mbar
  • Tutupan Awan: 69%
  • Jarak Pandang: 11 km
  • Pagu: 4328 m

(idy/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga