Jumlah ODP Covid-19 di Agam Tertinggi di Sumbar

Jumlah ODP Covid19 di Agam Tertinggi di Sumbar Ketua GT2P COVID-19 Agam, Martias Wanto. Foto: Covesia/Johan

Covesia.com - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) Kabupaten Agam merupakan terbanyak di Sumatera Barat (Sumbar). Data yang dihimpun dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GT2P COVID-19) Agam hingga Kamis (2/4/2020) tercatat sebanyak 463 TDP di Kabupaten agam.

Ketua GT2P COVID-19 Agam, Martias Wanto mengatakan, meningkatnya jumlah tersebut berasal dari para pendatang atau perantau yang memutuskan pulang kampung ke Kabupaten Agam beberapa pekan terakhir. Baik menggunakan angkutan udara, Bus AKAP maupun kendaraan Pribadi.

"Data ODP tersebut umumnya para pendatang dari luar Agam dalam kondisi kurang sehat setelah diperiksa tim medis," ujarnya, Kamis (2/4/2020). 

Dijelaskannya, jumlah tersebut merupakan hasil pemeriksaan maksimal oleh tim GT2P Covid-19 Agam guna mengantisipasi mewabahnya Covid-19 di Agam.

"Covid-19 ini tidak main-main, kita berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada yang kebobolan, seluruhnya harus terpantau, jika ada gejala cepat teratasi," katanya.

Dilanjutkan Martias guna mengantisipasi penularan Covid-19, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan kepada sopir dan penumpang bus AKAP saat memasuki Agam. Selain itu, bersama pemerintah nagari melakukan pendataan para perantau yang pulang kampung.

"Para perantau ini kita anjurkan isolasi mandiri di rumah, selama 14 hari. Jika kondisi tubuh tidak stabil, harap segera diperiksa ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat," lanjutnya.

(jhn/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga