Debit Banjir di Sitanang Agam Mulai Surut, 10 Rumah sudah Dibersihkan

Debit Banjir di Sitanang Agam Mulai Surut 10 Rumah sudah Dibersihkan Debit Banjir di Sitanang Agam Mulai Surut, Minggu (5/4/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Debit air Di Jorong Gantiang, Nagari Sitanang Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sudah mulai surut pasca banjir yang melanda daerah setempat Minggu (5/4/2020) pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Agam, Martias Wanto mengatakan, saat ini sebagian masyarakat sudah mulai melakukan pembersihan. "Sudah surut ada 30 rumah lagi yang masih tergenang tapi tidak terlalu tinggi," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Sementara itu 5 rumah masih tergenang cukup tinggi dan penghuninya sudah dievakuasi. "Untuk Warga ini kita sudah memberikan bantuan pangan darurat karena masih menunggu debit air surut," katanya.

Sebelumnya diberitakan Curah hujan tinggi memicu terjadinya banjir di Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Minggu (5/4/2020) sekitar pukul 08.00 Wib.

Data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, tercatat banjir menggenangi pemukiman dengan ketingggian hingga 1 meter dan merendam 40 unit rumah warga.

Tim BPBD Agam bersama Pemerintah kecamatan dan nagari masih masih melakukan pendataan dan mengevakuasi masyarakat menggubakan perahu karet sambil menunggu debit air kembali surut.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga