Warga Temukan Buaya Sepanjang 2 Meter di Pesisir Selatan

Warga Temukan Buaya Sepanjang 2 Meter di Pesisir Selatan (Foto: Istimewa)

Covesia.com-Warga di Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menemukan seekor buaya di salah satu sungai di daerah itu, dengan panjang 2 meter, pada Selasa (7/4/2020).

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Bayang, Elvi Azman mengatakan, seekor buaya ditemukan di Sungai Lubuk Kumpai, Nagari Pasar Baru Bayang, oleh warga setempat. 

"Buaya itu berhasil ditangkap oleh warga pagi tadi,"sebutnya pada wartawan Selasa (7/4/2020). 

Ia menceritakan, awal mula diketahui munculnya buaya di sungai itu, pertama kali ditemukan oleh warga setempat, saat warga itu sedang mandi. 

"Ketika ia melihat ada seekor buaya, warga itu langsung memberitahu ke warga lain,"ucapnya

Kemudian katanya, buaya itu saat ini sudah berhasil ditangkap oleh warga dan telah diserahkan ke BKSDA. 

"Setelah berhasil ditangkap, kita langsung menghubungi BKSDA di Padang,"pungkasnya

Sementara, Kepala Resor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Konservasi Wilayah Pessel, Bilmar membenarkan adanya penangkapan hewan bernama latin crocodylus porosus porolis itu.

Buaya yang berhasil ditangkap, panjangnya sekitar 2 Meter, dengan berat lebih kurang 100 Kilogram. 

"Saat ini, BKSDA tengah menyiapkan proses evakuasi untuk penangkaran lebih lanjut, dan jenis kelamin buaya muara itu belum kami ketahui. Mungkin nanti sesampainya di kantor wilayah di Padang baru bisa dipastikan. Kini tim telah mengarah ke sini (Bayang) dari arah Padang," terangnya.

Menurutnya, kemunculan buaya itu karena desakkan manusia. Habitatnya kini mulai terganggu, akibat alih fungsi area rawa di sekitar penemuan menjadi pemukiman dan bangunan lainnya. 

Padahal sebelumnya, BKSD telah membuat pamflet di sekitar lokasi penemuan, agar warga tidak mengganggu habitat buaya di lokasi itu. Sebab, buaya merupakan salah satu hewan yang dilindungi Undang-undang (UU). 

"Kehidupannya merasa terancam, sehingga mencari makan ke alokasi pemukiman warga," tutupnya.

(idr)

Berita Terkait

Baca Juga