Cegah Penyebaran Covid-19, Lapas Klas II B Lubuk Basung Tiadakan Kunjungan Napi secara Langsung

Cegah Penyebaran Covid19 Lapas Klas II B Lubuk Basung Tiadakan Kunjungan Napi secara Langsung Kalapas Klas II B Lubuk Basung, Suroto, (Covesia/Johan)

Covesia.com - Cegah penyebaran Virus Corona, (Covid-19), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Berlakukan kunjungan Online  Bagi keluarga narapidana.

Kalapas Klas II B Lubuk Basung, Suroto mengatakan, aturan kunjungan online itu diberlakukan semenjak pertengahan maret lalu dengan prosedur, pengunjung harus mendaftar ke Lapas Agam, kemudian diatur jadwal waktu kunjungan online. 

"Pengunjung bisa melakukan panggilan video dari rumah," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (9/4/2020).

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh bangunan lapas baik secara swadaya maupun bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid (Covid-19).

"Penyemprotan sudah kita lakukan sebanyak 3 kali, serta menyediakan Handsanitizer sebelum masuk ke dalam Lapas," katanya.

Untuk sementara waktu pihaknya juga meniadakan penitipan tahanan baik dari polisi maupun kejaksaan hal itu diberlakukan hingga bulan mai mendatang. Hal ini bentuk mempertimbangkan risiko penyebaran atau penularan yang sangat rentan untuk wilayah Lapas.

"Kita berupaya tidak ada yang masuk ke dalam lapas dulu sementara waktu hingga kondisi aman kembali, sementara itu untuk sidang perkara kami juga bekerja sama dengan pengadilan untuk menggelar sidang secara online," ulasnya.

(jhn/nod)

Berita Terkait

Baca Juga