Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Puluhan Warga Agam Jalani Swab Tes

Pernah Kontak dengan Pasien Positif Covid19 Puluhan Warga Agam Jalani Swab Tes Salah seorang warga yang pernah kontak dengan seorang yang dinyatakan positif Covid-19 di daerah itu, Selasa (26/5/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Cegah transmisi lokal penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengambil puluhan swap sample warga yang diduga pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, yang merupakan warga Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Juru bicara GTP2 Covid-19 Agam Kasman Zaini mengatakan, saat ini petugas sudah mengambil 58 sample swab baik dari kerabat, teman-teman maupun masyarakat yang pernah berinteraksi dengan pasien.

"Pasien positif ini merupakan orang tanpa gejala, ia pulang 1 hari sebelum Idul Fitri dan sempat duduk di warung dan ikut shalat Isya dan Idul Fitri berjamaah di masjid," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Selasa (26/5/2020).

Dijelaskan Kasman Zaini, pasien positif ini merupakan penularan dari cluster Pasar Raya Padang, laki-laki berusia 20 tahun tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah mengikuti swab test masal di Kota Padang beberapa hari yang lalu.

"Sebelumnya ia membantu kakaknya berjualan di Pasar Raya Padang, dan ikut melakukan tes swab massal, namun ia pulang ke Durian Kapeh dan aktif berinteraksi dengan masyarakat. Dari hasil tes yang keluar tanggal 23 Mei lalu ia dinyatakan positif," lanjutnya.

Ia mengimbau, bagi warga yang merasa pernah kontak langsung dengan pasien untuk bisa melaporkan diri ke pemerintah nagari maupun Puskesmas, 

"Bagi warga yang sudah diambil swab testnya, diminta untuk mengisolasikan diri di rumah sampai dipastikan mereka tidak terpapar Covid-19. Kita berharap tidak terjadi penambahan kasus di Agam," tutup Khasman. 

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga